Pengaruh Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) di TK Pertiwi 2 Tanjungrejo Jekulo Kudus

Mustafidah, Siti Ulil (2023) Pengaruh Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) di TK Pertiwi 2 Tanjungrejo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama serta mencerdaskan kehidupan bangsa maka dari itu perlu adanya pembiasaan sejak usia dini. Karena anak usia dini akan cenderung lebih senang bermain dari pada menghadap buku terus menerus, sehingga perlu diciptakannya alat permainan edukatif untuk memfasilitasi anak belajar sambil bermain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah alat permainan edukatif dapat meningkatkan nilai-nilai moderasi beragama pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 2 Tanjungrejo Jekulo Kudus atau tidak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sempel penelitian ini berjumlah 17 anak dengan teknik purposive sampling dimana pengemabilan sempel berdasarkan nilai-nilai moderasi beragama anak didik yang rendah. Desain penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-posttest design. Adapun pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya peningkatan nilai-nilai moderasi beragama yang signifikan antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE) pada anak yang mana pada hasil pretest dan posttest menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya nilai tersebut < 0,05. Berdasarkan ketentuan dalam pengambilan kesimpulan menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pretest dengan hasil posttest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya untuk menanamkan nilai-niilai moderasi beragama terhadap anak usia dini, diperlukan alat permainan yang sesuai dengan usia anak didik sehingga dapat meningkatkan nilai-nilai moderasi beragama dalam diri anak. Kesimpulannya terdapat nilai-nilai moderasi beragama anak didik yang terdapat pada hasil pretest dan posttest melalui alat permainan edukatif (APE) pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 2 Tanjungrejo Jekulo Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMashlahah, Any UmyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif, Moderasi Beragama
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:27
Last Modified: 02 Oct 2024 02:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12172

Actions (login required)

View Item View Item