Upaya Penerapan Keterampilan Motorik Halus Anak Dengan Teknik Montase di RA Shirathul Ulum Kertomulyo Pati tahun pelajaran 2022/2023

Rosyidah, Lisa Alfiyatur (2023) Upaya Penerapan Keterampilan Motorik Halus Anak Dengan Teknik Montase di RA Shirathul Ulum Kertomulyo Pati tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (731kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (377kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB)

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang mengalami proses perkembangan yang cepat dan mendasar untuk kehidupan selanjutnya. Mengembangkan potensi anak membutuhkan dorongan dan stimulasi. Anak dapat dirangsang dan distimulasi melalui pendidikan. Mengembangkan keterampilan motorik halus anak tidaklah mudah, begitu pula dengan kegiatan memotong. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya kemampuan motorik halus pada anak akibat media yang tidak menarik. Salah satunya adalah kegiatan montase. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penetapan kegiatan montase di RA Shirathul Ulum Kertomulyo Pati. (2) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan montase di RA Shirathul Ulum Kertomulyo Pati. (3) untuk mengetahui evaluasi kegiatan montase di RA Shirathul Ulum Kertomulyo Pati. (4) untuk mengetahui pengendalian kegiatan montase di RA Shirathul Ulum Kertomulyo Pati. (5) untuk mengetahui peningkatan kegiatan montase di RA Shirathul Ulum Kertomulyo Pati. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Di sini peneliti mengambil lokasi di RA Shirathul Ulum Kertomulyo Pati. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian yang di dapatkan diantaranya yaitu dalam penerapan media montase dilakukan tiga kali dalam penelitian. Dalam pelaksanaan guru menjelaskan media montase serta mempraktikkan cara menggunakan media montase. Pada pertemuan pertama menggunakan tema lingkungan sub tema lingkungan sosial. Selanjutnya pertemuan kedua menggunakan tema alam semesta. Dan pertemuan ketiga menggunakan subtema rumahku. dalam pelaksanaan montase ada beberapa tahapan yang dilakukan langkah pertama merencanakan kegiatan pembelajaran. Pada langkah kedua yakni penyediaan alat dan bahan pembelajaran. Pada langkah ketiga, guru menjelaskan dan memperkenalkan nama dan cara penggunaan alat yang digunakan untuk memainkan media montase. Pada langkah keempat guru menunjukkan kepada anak cara menggabungkan gambar yang baik dan benar dengan gambar yang sudah dibuat. Langkah kelima diakhiri dengan mengembalikan barang ke tempat semula serta membersihkan tempat yang telah digunakan dengan didampingi oleh guru. Dalam setiap pertemuan anak-anak mengalami peningkatan seperti pada kegiatan menggunting sesuai dengan pola, Memotong sesuai pola, anak akan menggerakkan jari saat memotong, dan berkoordinasi dengan tangan dan mata saat memotong, serta akan memotong sesuai pola gambar seperti rumah pohon, awan, dan lukisan figur. Pada kegiatan menempel dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan cara melatih ibu jari dan jari telunjuk anak untuk mengambil bagian gambar kemudian menempelkannya di atas kertas. membutuhkan konsentrasi dan jari-jari yang gesit serta beberapa koordinasi otot. Kegiatan ini sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak usia dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPancaningrum, NovitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Montase dan Anak Usia Dini
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:02
Last Modified: 02 Oct 2024 04:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12173

Actions (login required)

View Item View Item