Implementasi Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Karakter Tanggung Jawab Santri di Pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar Putri Kajen Margoyoso Pati Tahun Pelajaran 2022/2023

Mabruroh, Noor Zakiyah (2023) Implementasi Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Karakter Tanggung Jawab Santri di Pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar Putri Kajen Margoyoso Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (638kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (693kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (478kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (594kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui bentuk Implementasi Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Dan Karakter Tanggung Jawab Santri di Pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar Putri Kajen Margoyoso Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. 2. Untuk mengetahui Implementasi Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Karakter Tanggung Jawab Santri Di Pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar Putri Kajen Margoyoso Pati Tahun Pelajran 2022/2023. 3. Untuk mengatahui faktor penghambat dan pendukung dalam Implementasi Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Karakter Tanggung Jawab Santri di Pondok Pesantren Mathali’ul Huda Al-Kautsar Putri Kajen Margoyoso Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk Reward dan Punishment yang diterapkan adalah hadiah berupa verbal dan non verbal. Adapun punishment (hukuman) ditujukan pada santri-santri yang bermasalah dalam kedisiplinan, pesantren memiliki metode dengan memakai sistem point-point untuk menjadi tolok ukur tindakan pertanggung jawaban pelanggaran santri. Santri yang melanggar akan mendapatkan tindakan atau takziran yang mendidik. 2) Implementasi reward dan pinishment diberlakukan semenjak peserta didik dinyatakan diterima sebagai santri di pondok pesantren ini. Penerapannya Reward (hadiah) non materi biasanya diberikan setiap saat oleh pengasuh. Adapun hadiah berupa materi diberikan setelah melalui masa pengamatan selama satu tahun masa pembelajaran, baik santri yang berprestasi perseorangan maupun kelompok. Adapun dalam pelaksanaan metode punishment (hukuman) di berikan pondok pesantren bagi santri-santri yang melanggar peraturan. Adapun langkah-langkah pondok pesantren dalam memberikan hukuman adalah sebagai berikut: (a) memberi peringatan dengan teguran. (b) pemberian takziran (hukuman) yang sesuai. (c) pemberian taklik (surat peringatan). 3) Faktor pendukung yaitu: (a) Pengawasan dan penegakan aturan yang konsisten. (b) Keteladanan (c) Banyak motivasi. (d) Fasilitas (sarana dan prasarana). (e) Faktor lingkungan pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: (a) Faktor Internal: (1) Pengurus yang sedikit. (2) Banyaknya santri. (b) Faktor eksternal (1) Pengaruh perkembangan zaman berupa teknologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNikmah, AlfiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Reward , Punishment, Karakter Disiplin, dan Karakter Tanggung Jawab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:01
Last Modified: 03 Oct 2024 02:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12190

Actions (login required)

View Item View Item