Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus

Syahab, Ali (2023) Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Tsanawiyah NU Al Falah Tanjungrejo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (613kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (418kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu disiplin ilmu pengetahuan dan bidang studi yang tertera dalam setiap kurikulum pada setiap jenjang pendidikan baik di SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi. Hal ini disebabkan Ilmu Pengetahuan Alam berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dimasa yang akan datang. Meskipun Ilmu Pengetahuan Alam sangat penting dipelajari, akan tetapi kenyataannya masih banyak masalah yang muncul dalam Ilmu Pengetahuan Alam, salah satunya adalah kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis model pembelajaran Based Learning siswa pada pokok Listrik Statis pada kelas VIII di MTs NU Al Falah Tanjungrejo, Jekulo, Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. 2)Untuk menganalisis tingkat berpikir kritis siswa pada pokok Listrik Statispada kelas VIII di MTs NU Al Falah Tanjungrejo, Jekulo, Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. 3)Untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa MTs NU Al Falah Tanjungrejo, Jekulo, Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Ekpsperiment dengan desain pre post control grup desain. Sampel dalam penelitian berjumlah 57 peserta didik sampel dipilih menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket masalah religiusitas, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Instrumen penelitian menggunakan model Skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan t-test dengan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung < t tabel dengan α = 0,05, dengan hasil diperoleh 0,00 < 0,05 menunjukan bahwa adanya pengaruh pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Diketahui bahwa meningkatkan berpikir kritis siswa diperoleh data rata-rata kelas kontrol dan eksperimen. Data kelas kontrol menunjukkan rata-rata 73% lebih besar dibanding kelas eksperimen dengan rata-rata skor 59%. Dengan besar effect 0,756 termsuk dalam kataristik besar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFawa, UlyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:35
Last Modified: 03 Oct 2024 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12203

Actions (login required)

View Item View Item