Aditya, Verania Revilda (2023) Peran Orang Tua Karir Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Belajar Di Rumah Pada Siswa Kelas VI di SDN 1 Ngembal Kulon Tahun 2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (451kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (379kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (691kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (780kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (394kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (788kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (473kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (588kB) |
Abstract
Penelitian ini memeiliki tujuan diantaranya untuk mengetahui: 1) Peran orang tua karir dalam meningkatkan kedisiplinan anak belajar pada siswa kelas VI di SDN 1 Ngembal Kulon Kudus 2) Mengetahui apa saja kendala yang dihadapi orang tua dalam meningkatkan kedisiplinan anak belajar pada siswa kelas VI di SDN 1 Ngembal Kulon Kudus. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan metode kualitatif. Terdapat dua acuan sumber yang dijadikan acuan dalam penyusunan skripsi ini. Yang pertama sumber primer yaitu Orang tua karir siswa kelas VI SDN I Ngembal Kulon Kudus. Data sekunder berasal dari jurnal dan dokumentasi yang berhubungan dengan peran orang tua karir dalam meningkatkan kedisiplinan anak belajar dirumah pada siswa kelas VI SDN 1 Ngembal Kulon Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara Orang tua karir kelas VI, observasi mengikuti kegiatan belajar dirumah secara langsung dan dokumentasi hal-hal yang berhubungan dengan peran orang tua karir dalam meningkatkan kedisplinan anak belajar siswa kelas VI SDN Ngembal Kulon Kudus. Hasil Penelitian ini adalah 1) Keterlibatan orang tua murid dalam meningkatkan belajar anak dirumah adalah dengan cara bersikap tegas, memberikan reward, memberikan motivasi baik, mendampingi anak saat belajar dirumah dan memberikan contoh nyata dampak dari kedisiplinan belajar. Orang tua yang berkarir memiliki waktu yang singkat untuk meningkatkan kedisiplinan belajar dirumah, tetapi orang tua selalu berusaha menyisihkan waktunya agar dapat memonitor anak-anak belajar dirumah. 2) Kendala yang dihadapi orang tua murid dalam meningkatkan kedisiplinan anak belajar adalah anak yang lebih suka bermain gadget, waktu mendampingi belajar anak dirumah dan materi pembelajaran yang semakin sulit dipahami oleh orang tua akibat perbedaan zaman dan perubahan kurikulum
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua Karir, Kedisiplinan Belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2024 04:03 | ||||||
Last Modified: | 07 Oct 2024 04:03 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12213 |
Actions (login required)
View Item |