Isti’anah, Laila (2023) Implementasi Metode Hafalan Alfiyah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Kitab Fathul Qorib Di MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (365kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (295kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (478kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (698kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (320kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (783kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (288kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) |
Abstract
Keberhasilan belajar peserta didik dipengaruhi oleh aspek internal dan eksternal. Aspek internal merupakan aspek yang berasal dari diri dalam siswa yang meliputi kesehatan, intelegensi, bakat, atensi, motivasi, style belajar serta lain-lain. Sedangkan aspek eksternal ialah aspek yang berasal dari luar diri siswa meliputi area sekolah, area keluarga, area warga, metode pembelajaran, dan lain sebagainya. Diantara metode yang biasa digunakan ialah metode hafalan. Metode hafalan sangat efektif untuk memelihara daya ingat peserta didik pada materi yang dipelajari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar Fiqh kitab Fathul Qorib di MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023? bagaimana implementasi metode hafalan Alfiyah di MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023? apa saja faktor penghambat dan pendukung metode hafalan Alfiyah dalam meningkatkan hasil belajar Fiqh kitab Fathul Qorib di MA Mu’allimat NU Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023? Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian lapangan, pendekatannya kualitatif dan sifatnya deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Pertama: Hasil belajar Fiqh kitab Fathul Qorib di MA Mu’allimat NU Kudus sudah bagus karena rata-rata nilai murid sudah sesuai dengan KKM yang ditentukan. Kedua: Implementasi metode hafalan Alfiyah di MA Mu’allimat NU Kudus sudah berjalan dengan baik bisa dilihat dengan proses hafalan, metode yang digunakan dan keterlibatan guru dalam melaksanakan metode tersebut. Ketiga: Faktor pendukung metode hafalan Alfiyah dalam meningkatkan hasil belajar Fiqh kitab Fathul Qorib di MA Mu’allimat NU Kudus terlihat dari beberapa faktor, diantaranya ialah: Motivasi murid, dan pendekatan yang bervariasi. Sedangkan faktor penghambatnya ialah penerapan metode hafalan ini membutukan waktu yang relatif lama apalagi murid mempunyai pelajaran yang sangat banyak, sehingga akan membutukan waktu yang sangat panjang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Hafalan Alfiyah, Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Kitab Fathul Qorib Dan Implementasinya | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2024 04:48 | ||||||
Last Modified: | 07 Oct 2024 04:48 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12219 |
Actions (login required)
View Item |