Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Pondok Pesantren Melalui Pendidikan Karakter Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Sirajul Hannan Kauman Jekulo Kudus)

Syafi’i, Ahmad (2023) Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Pondok Pesantren Melalui Pendidikan Karakter Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Sirajul Hannan Kauman Jekulo Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (306kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (902kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan tentang bagaimana strategi pondok pesantren Sirajul Hannan dalam meningkatkan kualitas pendidikannya melalui pendidikan karakter santri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan metode yang digunakan metode kualitatif deskriptif yang mana penelitian ini berisi kata-kata yang disusun menjadi deskripsi yang berisikan masalah-masalah penelitian. Kemudian sumber data yang diperoleh berasal dari pengamatan atau obervasi di lokasi penelitian, wawancara atau interview kepada 1 Pengasuh 2 Ustadz/Ustadzah, 2 Pengurus, 2 Santri tingkat MTs, 2 Santri tingkat MA, dan 2 Santri tingkat Perguruan Tinggi, file arsip, dan dokumentasi pesantren. Adapun penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui motif apa santri masuk dan belajar di pondok pesantren Sirajul Hannan Kauman Jekulo Kudus. 2) Mengetahui strategi yang dilakukan pondok pesantren Sirajul Hannan Kauman Jekulo Kudus dalam meningkatkan kualitas pendidikannya melalui pendidikan karakter. 3) Mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan pesantren melalui pendidikan karakter santri di pondok pesantren Sirajul Hannan Kauman Jekulo Kudus. Data yang sudah terkumpul tersebut dianalisis dengan teknik meliputi, pengumpulan data, reduksi (pengelompokan), penyajian, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Motif santri masuk dan belajar di pesantren adalah permintaan atau keinginan dari orang tua santri, kemudian ada juga yang karena ingin memperdalam ilmu agama dan menata akhlak agar lebih baik, ada juga yang karena ingin belajar di Sekolah dan juga belajar di pesantren agar bisa menjaga diri dari pengaruh luar. Kemudian yang terakhir karena keretarikan santri terhadap model pengajaran yang diselenggarakan pesantren. 2) Strategi yang dilakukan pondok pesantren Sirajul Hannan dalam meningkatkan kualitas pendididkan melalui pendidikan karakter dengan pengajian kitab kuning, pengajian membaca Al-Qur’an, pembacaan kitab spriritual yakni Ratibul Haddad, Manakib, Yasin Fadhilah, Dzikir Ghofilin guna meningkatkan keimanan santri, dan ziarah kubur di makam para wali Allah SWT. 3) Faktor pendorong karena adanya tuntutan zaman yang semakin modern kemudian permintaan masyarakat, kemudian peraturan pemerintah dalam UU Nomor 18 Tahun 2019, dan visi-misi pondok pesantren untuk mencetak anak yang sholeh serta sholehah. Faktor penghambat karena kemajuan zaman yang merubah karakter anak didik/santri, pengaruh teman yang ada di sekolah, dan karena karakter santri itu sendiri ada yang susah untuk diatur sehingga menghambat pesantren ketika menanamkan pendidikan karakter kepada santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyid, Moh.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kualitas pendidikan, strategi, pendidikan karakter
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Oct 2024 08:25
Last Modified: 07 Oct 2024 08:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

View Item View Item