ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (STUDI KASUS BMT MAKMUR MANDIRI UNDAAN KUDUS)

Rustiana, Rustiana (2017) ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (STUDI KASUS BMT MAKMUR MANDIRI UNDAAN KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (855kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (983kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (960kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (950kB)

Abstract

Kualitas yang memuaskan bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, adalah hal pokok yang tidak boleh diabaikan, dimana kepuasaan nasabah merupakan aspek stategis dalam memenangkan persaingan dan mempertahankan citra perusahaan di masyarakat yang luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembiayaan murabahah, kepuasan nasabah terhadap kualitas pelayanan pembiayaan murabahah BMT Makmur Mandiri Undaan Kudus. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), merupakan penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan kondisi saat ini subyek yang diteliti dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan pembiayaan murabahah pada BMT Makmur Mandiri Undaan Kudus sangat baik, karena manajemen sadar bahwa kualitas pelayanan adalah kunci utama keberhasilan sebuah BMT. Karyawan melayani anggota secara umum maupun anggota pembiayaan murabahah dengan baik sesuai dengan standar operasional perusahaan yang sudah ditetapkan. Karena tujuan utama BMT Makmur Mandiri Undaan Kudus adalah kepuasan anggota. Pembiayaan murabahah pada BMT Makmur Mandiri Undaan Kudus bisa diandalkan karena mampu memenuhi kebutuhan baik modal maupun dana konsumtif bagi anggotanya. Kualitas pelayanan BMT Makmur Mandiri Undaan Kudus menurut manajemen sudah optimal karena pelayanan manajemen bisa diandalkan, karyawan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap anggota, karyawan bersedian memberikan pelayanan dengan cepat dan tanggap, karyawan mau menerima masukan dari anggota sehingga hal tersebut mampu meningkatkan kepuasan anggota, hal tersebut terlihat dengan anggota yang berminat menggunakan produk BMT Makmur Mandiri Undaan Kudus anggota merekomendasikan produk pembiayaan murabahah kepada orang lain serta anggota yang mengatakan sesuatu tentang kebaikan BMT Makmur Mandiri Undaan Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Nasabah; Kualitas Pelayanan; Pembiayaan Murabahah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jun 2017 03:50
Last Modified: 06 Jun 2017 03:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item