Problematika Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tematik di MI al Asy’ari Kuniran kecamatan Batangan Kabupaten Pati

Hidayah, Imro’atul Nur (2023) Problematika Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tematik di MI al Asy’ari Kuniran kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (610kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (461kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (747kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (593kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (938kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (462kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (533kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Tematik di MI AL Asy’ari Kuniran Kecamtan Batangan Kabupaten Pati dan mengetahui Upaya dalam Mengatasi Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Tematik di MI AL Asy’ari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus, dengan pendekatan penelitian kualitatif, melalui riset lapangan di MI AL Asy’ari Kuniran Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Subjek penelitian ini yaitu kepala madarasah, waka kurikulum, guru kelas, dan siswa-siswi MI AL Asy’ari Kuniran Batangan Pati, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik mulai diterapkan di MI AL Asy’ari pada tahun 2016 dan sudah berjalan dengan baik, akan tetapi Ada beberapa problem yang di temui dalam implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik di MI AL Asy’ari diantaranya: 1) problem perencaan, dimana titik permasalahanya terletak pada dana operasional dan Rencana pelaksanaan pembelajaran atau Rpp 2) Problem pelaksanaan meliputi; penggunaan media, metode model pembelajaran , minat membaca siswa yang rendah dan kurang efektifnya waktu pembelajaran. 3) problem penilaian, Banyaknya Aspek yang harus dinilai merupakan sebuah problema bagi guru, karena penilaian dilakukan bersamaan dengan proses pembelajaran, sehingga membuat proses belajar-mengajar menjadi kurang efektif. Adapun Upaya untuk mengatasi problematika implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran tematik pada tahap perencanaan di MI Al Asy’ari adalah dengan melibatkan komite, dan mewajibkan guru untuk membuat RPP dan Silabus sebagai pedoman dalam pembelajaran. Upaya Guru dalam mengatasi problematika implementasi pembelajaran tematik tahap pelaksanaan adalah dengan menggunakan media, model dan ice breaking di sela KBM supaya pembelajaran lebih asyik dan menarik. Dan Upaya terakhir dalam mengatasi problematika penilaian adalah dengan mengikutsertakan guru dalam kegiatan KKG, supaya kualitas guru dan madrasah semakin meningkat, sehingga MI AL Asy’ari mampu menjadi Madrasah Ibtidaiyyah terfavorit di Kecamatan Batangan Kabupaten Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKinesti, Rakanita Dyah AyuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: problematika, implementasi, kurikulum, tematik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:38
Last Modified: 09 Oct 2024 01:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12257

Actions (login required)

View Item View Item