Ummah, Nur Vina Kholifatul (2023) Implementasi Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Walisongo Pecangaan Jepara Tahun 2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (297kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (284kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (483kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (510kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (399kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (461kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (295kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (378kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya problem disekolah yang selama proses pembelajaran pendidikan agama Islam ditemukan bahwa kurangnya penerapan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa kelas VIII. Karena pada saat proses pembeajaran ada yang ingin keluar kelas dengan alasan apa pun, tidur selama proses pembelajaran, melamun atau kuarang fokus selama proses pembelajaran, asik berbicara sendiri dengan temannya selama proses pembelajaran, sehingga hal tersebut membutuhkan penangan khusus agar dapat mendapatkan solusi yang tepat. Oleh karena itu, penelitian tertarik melakukan penelitian tentang Implementasi Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Walisongo Pecangaan Jepara Tahun 2023. Penelitian ini bertujuan, pertama untuk mengetahui kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam di MTs Walisongo Pecangaan Jepara tahun 2023, kedua untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Walisongo Pecangaan Jepara tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, menggunakan metode kualitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha menguak kualitas sesuatu, keganjilan-keganjilannya dan karakter esensialnya. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa-siswi kelas VIII 20 perempuan dan 15 laki-laki. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan teknik data reduction, data display, conclusion drawing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Mengendalikan ego guru pendidikan agama Islam dapat selalu menekankan pada diri bahwa setiap siswa-siswi memiliki penangan yang berbeda-beda oleh karena itu dibutuhkan kesabaran yang luarbiasa dalam proses pembelajaran. Sebagai guru pendidikan agama Islam kita harus menurunkan ego kita agar dapat menerapkan pembelajaran dengan baik, tidak hanya melampiaskannya dengan emosi, karena seorang guru harus menunjukkan kewibawaannya agar dapat selalu menjadi teladan bagi siswa-siswi, bukan untuk ditakuti siswa-siswinya. Guru dapat memberikan reward bagi siswa yang aktif dan memberikan punishment bagi siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, (2) Mood siswa yang tidak setabil membuat naik turunnya motivasi belajar siswa, oleh karena itu guru pendidikan agama Islam harus selalu memberikan semanagat kepada siswa-siswi. Dalam proses pembelajaran guru pendidikan agama Islam dapat menyelinginya dengan memberikan motivasi belajar agar siswa tidak jenuh selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam, Memotivasi Belajar Siswa | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 06:44 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 06:44 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12261 |
Actions (login required)
View Item |