Implikasi Hidden Curriculum sebagai Upaya Manifestasi Budaya Religius Siswa di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023

Maulida, Rina Yunita (2023) Implikasi Hidden Curriculum sebagai Upaya Manifestasi Budaya Religius Siswa di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (688kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (483kB)

Abstract

Sikap religius merupakan salah satu sikap dasar yang harus dimiliki seseorang, dalam menanamkannya tentu harus melalui sebuah proses salah satunya dalam lingkungan pendidikan. Namun pembelajaran di kelas tidak cukup untuk memenuhi segala kebutuhan religius siswa dikarenakan waktu yang cukup singkat dan harus membagi dengan menuntut keilmuan lainnya. Oleh karena itu, MAN 2 Kudus menerapkan kegiatan hidden curriculum sebagai proses penanaman budaya religius siswa. Jadi siswa memperoleh teori ketika belajar di dalam kelas atau menempuh kurikulum formal, lalu mempraktikkannya melalui kegiatan pembiasaan atau hidden curriculum. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapat jawaban atas penelitian yang berjudul Implikasi Hidden Curriculum Sebagai Upaya Manifestasi Budaya Religius Siswa di MAN 2 Kudus, yang di jabarkan menjadi tiga poin di antaranya 1) konsep penanaman budaya religius; 2) implementasi hidden curriculum; dan 3) dampak pelaksanaan hidden curriculum sebagai upaya manifestasi budaya religius siswa di MAN 2 Kudus. Dalam proses penelitian, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh salah satunya sumber data primer dari pengamatan mendalam dan wawancara dengan narasumber Kepala Madrasah, Waka Bidang Kurikulum, Waka Bidang Kesiswaan, Waka Bidang Humas dan Keagamaan, Guru Rumpun PAI, Komite Sekolah, Siswa, dan Wali Siswa MAN 2 Kudus. Sedangkan sumber sekunder dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi yang berupa buku ataupun sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian seperti dokumen/ foto, catatan, dan laporan MAN 2 Kudus. Hasil penelitian ini yaitu konsep penanaman budaya religius di MAN 2 Kudus yaitu melalui visi dan misi sekolah, kegiatan pembelajaran atau kurikulum formal, dan kegiatan di luar kurikulum formal salah satunya ekstrakurikuler dan kegiatan pembiasaan atau hidden curriculum. Implementasi hidden curriculum sendiri memiliki strategi di antaranya yaitu menempatkan dalam pembelajaran siswa, menerapkan metode pembiasaan, menerapkan konsep keteladanan, dan memberikan tambahan pera guru. Bentuk kegiatan hidden curriculum di MAN 2 Kudus yaitu mushofahah, membaca Asmaul Husna dan doa bersama, salat sunah duha, salat zuhur berjamaah, dan salat asar berjamaah. Dalam pelaksanaan tersebut didukung oleh adanya faktor pendukung yaitu kebijakan pimpinan dan stake holder sarana prasarana yang mendukung, guru yang kompeten dan profesional dan kerja sama dalam setiap kegiatan. Faktor penghambat yang ditemui yaitu waktu yang kurang fleksibel, Tugas guru tidak hanya terfokus satu, dan terforsirnya tenaga siswa. Dari pelaksanaan kegiatan hidden curriculum tersebut menghasilkan dampak nilai keagamaan pada siswa di antaranya nilai akidah, nilai akhlak, dan nilai ibadah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMiftah, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hidden Curriculum, Religius, Pembiasaan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:10
Last Modified: 09 Oct 2024 07:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12267

Actions (login required)

View Item View Item