Fani, Indriana (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling terhadap Perilaku Kesopanan di MAN 1 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (348kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (868kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (591kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (583kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (590kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (369kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap perilaku kesopanan siswa di MAN 1 Jepara. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Sedangkan Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Variabel independen dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling. Variabel dependen dalam penelitia ini adalah kinerja perilaku kesopanan siswa (Y). Instrumen penelitian menggunakan skala likert, dengan skala Likert, maka variabel yang akan di ukur di jabarkan menjadi indikator variabel, kemudian indikator tersebut dijadikan sebagai titik tolak untuk menyusun item-item instrumen yang dapat berupa pernyataan atau pertanyaan. Indikator kesopanan yang digunakan ada 3 yaitu berbahasa, berperilaku dan menghormati. Hasil observasi peneliti sebelum melakukan bimbingan kelompok tekning modelling di kelas X IPS 1, didapatkan hasil presentase skala likert tingkat kesopanannya tergolong kurang karena nilai presentase dibawah 75%. Bahkan hanya terdapat 14 siswa yang memiliki nilai presentase skala likert diatas 50%, sisanya 18 siswa nilainya dibawah 50% yang dapat dikatakan bahwa tingkat kesopanan kurang. Hasil olah data pengisian angket siswa mengenai angket perilaku kesopanan siswa kelas X IPS 1 di MAN 1 Jepara yang diisi siswa setelah bimbingan kelompok dengan teknik modelling yaitu tingkat kesopanan siswa yang dianalisis dari angket diperoleh hasil indikator berbahasa mencapai 78,75%, indikator menghormati sebesar 81,02% sedangkan ibdikator berperilaku sebesar 77,37%. tingkat kesopanan siswa yang mendapatkan point tertinggi adalah indikator menghormati. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X IPS 1 MAN 1 Jepara memiliki sikap hormat yang baik terhadap sesama. Untuk indikator berbahasa dan indikator berperilaku nilainya sudah baik yaitu diatas 75% sehingga dikategorikan bahwa anak kelas X IPS 1 MAN 1 Jepara sopan dalam berbahasa dan berperilaku. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modelling berpengaruh terhadap tingkat kesopanan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | imbingan Kelompok, Teknik Modelling, Kesopanan | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:24 | ||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:24 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12273 |
Actions (login required)
View Item |