Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Berorientasi Education for Sustainable Development (ESD)

Hiqmatunnisa, Hani (2023) Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Berorientasi Education for Sustainable Development (ESD). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (866kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (524kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (372kB)

Abstract

Education for sustainable development atau pendidikan untuk pembangunan yang berkelanjutan merupakan sebuah proses pembelajaran yang dilaksanakan atas prinsip-prinsip keberlanjutan (sustainability) pada seluruh tingkat dan jenis pembelajaran dengan tujuan memberikan pendidikan yang berkualitas serta meningkatkan pembangunan manusia yang berkelanjutan. Penilitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berorientasi Education for Sustainable Development (ESD). Penelitian ini dikembangkan dengan model R&D yang telah dimodifikasi yang terdiri dari tahap define, design, dan develop. Modul ini berisi aktivitas pembelajaran berbasis projek yang mengangkat isu-isu kontekstual seputar lingkungan. Permasalahan yang diangkat tidak hanya mengkaji aspek lingkungan melainkan melibatkan aspek sosial dan ekonomi. Terdapat integrasi nilai-nilai keislaman dengan kajian ayat Al Quran pada beberapa topik yang diangkat. Sehingga dari segi konten, modul ini telah memenuhi aspek dimensi yang diangkat yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, gotong-royong, dan bernalar kritis. Penilaian uji kevalidan materi dan media dilakukan menggunakan teknik CVR. Hasil analisis menunjukkan penilaian materi produk memperoleh nilai CVI sebesar 0,87 sedangkan penilaian media memperoleh nilai CVI sebesar 0,81. Berdasarkan hasil tersebut maka modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema gaya hidup berkelanjutan dikatakan valid baik dalam materi maupun media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorImaduddin, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Education for sustainable development, Modul belajar, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Gaya Hidup Berkelanjutan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Oct 2024 08:10
Last Modified: 09 Oct 2024 08:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12279

Actions (login required)

View Item View Item