Bimbingan Akhlak Islami Pada Kitab Bidayatul Hidayah Di Pondok Pesantren Al-Haromain Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus

Rizqi, Muhammad Iqbal (2023) Bimbingan Akhlak Islami Pada Kitab Bidayatul Hidayah Di Pondok Pesantren Al-Haromain Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (731kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (846kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (994kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (629kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (773kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB)

Abstract

Dalam ajaran Islam santri juga disebutkan sebagai entitas dan subyek yangutuh dan pembimbing lah yang nantinya memiliki hak penuh untukmengarahkannya apakah ia menjadi generasi Islam. Hal ini diutamakan agama menjadi kerangka dasar dan landasan dalam membentuk pribadi santri yang saleh dan berakhlakul karimah. Apalagisaat ini era teknologi informasi yang semakin tidak terbendung dimanamenjadikan banyakgenerasi bangsa yang justru mengarah perkembangan yangsemakin negatif, mulai dari etika dan perilaku yang tidak mencerminkan moralIslam menjadi ancaman serius masa depan santri.Inilah mengapa pembimbingan akhlak di Pondok Pesantren Al-Haromain Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus melalui metode pembiasaan, metode cerita, metode nasehat, metode ceramah, mtode ta’ziran/hukuman, dan metode ganjaran menjadi pilihan untuk menyelamatkan masa depan generasi sejak dini.Untuk itu, penulis merumuskan masalah yang menjadi obyek penelitian yaitu, a). Bagaimana penerapan bimbingan akhlak Islami pada kitab Bidayatul Hidayah di pondok pesantren Al-Haromain Karangmalang Gebog Kudus, b). Metode-metode apa saja yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Haromain Karangmalang Gebog Kudus dalam membina akhlak santri. Jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan sifat penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dengan bimbingan kitab Bidayatul Hidayah, dari santri yang mengikuti bimbingan dengan kitab ini mereka mulai mengevaluasi diri masing-masing dan melakukan perbuatan yang terdapat dalam kandungan isi kitab bidayatul hidayah dan nasehat pembimbing. Pada kitab ini telah diuraikan mengenai bagaimana seharusnya akhlak yang perlu dimiliki santri pada perjalanannya menuntut ilmu. Maksud bimbingan dalam penelitian ini adalah proses mengerahkan dan menuntun santri supaya dapat menerapkan pemahaman yang sudah mereka dapatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorManijo, ManijoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Santri, Metode, Bimbingan, Kitab Bidayatul Hidayah, Akhlak Islami
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:55
Last Modified: 10 Oct 2024 03:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12324

Actions (login required)

View Item View Item