Rizqi, Muhammad Iqbal (2023) Bimbingan Akhlak Islami Pada Kitab Bidayatul Hidayah Di Pondok Pesantren Al-Haromain Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (731kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (380kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (846kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (994kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (629kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (773kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (471kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (606kB) |
Abstract
Dalam ajaran Islam santri juga disebutkan sebagai entitas dan subyek yangutuh dan pembimbing lah yang nantinya memiliki hak penuh untukmengarahkannya apakah ia menjadi generasi Islam. Hal ini diutamakan agama menjadi kerangka dasar dan landasan dalam membentuk pribadi santri yang saleh dan berakhlakul karimah. Apalagisaat ini era teknologi informasi yang semakin tidak terbendung dimanamenjadikan banyakgenerasi bangsa yang justru mengarah perkembangan yangsemakin negatif, mulai dari etika dan perilaku yang tidak mencerminkan moralIslam menjadi ancaman serius masa depan santri.Inilah mengapa pembimbingan akhlak di Pondok Pesantren Al-Haromain Desa Karangmalang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus melalui metode pembiasaan, metode cerita, metode nasehat, metode ceramah, mtode ta’ziran/hukuman, dan metode ganjaran menjadi pilihan untuk menyelamatkan masa depan generasi sejak dini.Untuk itu, penulis merumuskan masalah yang menjadi obyek penelitian yaitu, a). Bagaimana penerapan bimbingan akhlak Islami pada kitab Bidayatul Hidayah di pondok pesantren Al-Haromain Karangmalang Gebog Kudus, b). Metode-metode apa saja yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Haromain Karangmalang Gebog Kudus dalam membina akhlak santri. Jenis penelitian lapangan (Field Research), dengan sifat penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dengan bimbingan kitab Bidayatul Hidayah, dari santri yang mengikuti bimbingan dengan kitab ini mereka mulai mengevaluasi diri masing-masing dan melakukan perbuatan yang terdapat dalam kandungan isi kitab bidayatul hidayah dan nasehat pembimbing. Pada kitab ini telah diuraikan mengenai bagaimana seharusnya akhlak yang perlu dimiliki santri pada perjalanannya menuntut ilmu. Maksud bimbingan dalam penelitian ini adalah proses mengerahkan dan menuntun santri supaya dapat menerapkan pemahaman yang sudah mereka dapatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Santri, Metode, Bimbingan, Kitab Bidayatul Hidayah, Akhlak Islami | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2024 03:55 | ||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 03:55 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12324 |
Actions (login required)
View Item |