Pendampingan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas V di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus

Chusna, Vita Nisa Ul (2023) Pendampingan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas V di MI NU Tarsyidut Thullab Singocandi Kota Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (249kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (690kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (459kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (514kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pendampingan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar, 2) Upaya yang dilakukan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar, dan 3) Kendala yang dihadapi orang tua dalam menumbuhkan minat belajar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdapat 2 sumber. Pertama, sumber data primer meliputi, guru kelas, orang tua dan siswa. Kedua, sumber data sekunder. Sumber ini diperoleh dari buku-buku literatur atau jurnal yang membahas tentang pendampingan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar. Analisis data peneliti menggunakan tiga cara, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Pendampingan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar adalah tidak hanya melakukan pendampingan belajar saja tetapi juga melakukan pendampingan lainnya, yaitu pendampingan dalam bersikap, pendampingan perilaku, pendampingan dalam bebicara, dan pendampingan dalam beribadah. 2) Upaya yang dilakukan orang tua dalam menumbuhkan minat belajar dengan memberikan sarana belajar berupa alat tulis, dan buku pelajaran, mengawasi kegiatan belajar dengan menyuruh belajar tepat waktu, mengawasi penggunaan waktu belajar dengan memberikan batasan waktu antara belajar dan bermain, membantu anak dalam mengatasi kesulitan belajar. 3) Kendala yang dihadapi orang tua dalam menumbuhkan minat belajar adalah bermain gadget/hp, dan kurangnya pemahaman materi oleh orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTaubah, MufatihatutUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Orang Tua, Minat Belajar
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Oct 2024 03:38
Last Modified: 11 Oct 2024 03:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item View Item