Iftihal, Umeisiyah (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs An-Nur Daren Nalumsari Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (249kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (438kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (690kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (459kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (618kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (350kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (514kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; bagaimana penerapan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) di MTs An-Nur Daren, untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan model two stay- two stray di MTs An-Nur Daren, serta mengetahui hasil belajar siswa saat penggunaan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) dan kendala yang dihadapi guru ketika pelajaran berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan statistik analisisyaitu dengan menguraikan data menggunakan tabel serta rumus-rumus yang telah disediakan. Penelitian ini disusun menggunakan jenis penelitian lapangan yaitu penelitian yang informasinya diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuisioner, serta dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer meliputi pembagian angket yang kepada siswa dan wawancara dengan guru mata pelajaran IPS dan kepala sekolah sedangkan data sekunder berasal dari referensi maupun informasi lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) Keefektifan penggunaan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) (TSTS) dalam pembelajaran kelas VIII MTs An-Nur Daren yang didukung dengan pembuktian menggunakan program SPSS dalam kategori sangat baik dengan rentang 62-76. 2) Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS masuk dalam kategori baik yaitu 86 dengan rentang interval 77-88. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model two stay-two tray dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTs An-Nur Daren dengan pesamaan 〖_Y^∆〗= 51.059 + 0.843 x. model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan hasil belajar siswa sebesar 0,684 termasuk dalam kategori kuat. Kemudian pada koefisien determinasi diperoleh hasil 43,7% artinya penerapan model pembelajaran Two Stay-Two Stray (TSTS) memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII MTs An-Nur Daren Jepara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Two Stay- Two Stray, Hasil Belajar | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2024 03:47 | ||||||
Last Modified: | 11 Oct 2024 03:47 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12335 |
Actions (login required)
View Item |