Muazim, Ahmad (2023) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Kelas X di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (170kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (416kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (445kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (185kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (503kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (219kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (290kB) |
Abstract
Meningkatkan religiusitas siswa melalui kegiatan ektrakurikuler keagamaan. Hal ini merupakan upaya madrasah untuk memperkuat prinsip-prinsip keagamaan agar siswa selalu berpegang teguh pada ajaran Islam selama pada proses perkembangan., meskipun mereka mengikuti kegiatan ektrakurikuler keagamaan terkadang peserta didik kurang menghiraukan dan betapa penting kegiatan tersebut yang nanti tentunya sebagai bekal jika berada di pertengahan masyarakat apalagi dalam zaman modern ini membawa pengaruh terhadap perilaku seseoarng. Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan religiusitas siswa. Maka, kajian penelitian difokuskan pada upaya kepala sekolah untuk meningkatkan religiusitas siswa kelas X melalui kegiatan ektrakurikuler keagamaan yang sudah menjadi kebiasaan kegiatan yang dijalankan di lingkungan madrasah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan sebuah pendekatan kualitatif di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, pembina ektrakurikulum, dan juga siswa kelas X di MA Nurul Ulum Jekulo Kudus. Pengumpulan data dilakuakan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, Uji keabsajan data dari peneliti dengan menggunakan teknik triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan ektrakurikuler keagamaan yang dilaksanakan di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus sudah cukup baik. Hal itu dapat dibuktikan melalui aktivitas siswa pada saat mengikuti kegiatan ekrakurikuler keagamaan di madrasah,memang siswa harus perlu dengan adanya pendekatan, perhatian dan motivasi yang lebih dari guru madrasah. (2) Seperti yang kita ketahui bahwasanya ektrakurikuler keagamaan merupakan kegiatan di luar jam mata pelajaran guna untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan potensi, kebutuhan,. Ada faktor pendukung dan penghambat. Pertama, Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus yaitu dengan adanya guru ektrakurikuler yang professional, motivasi siswa, ketersediaan alat-alat pendukungnya, antusias peserta didik, dukungan dari pembimbing. Kedua, Faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MA NU Nurul Ulum Jekulo Kudus yaitu kurangnya guru pendamping, waktu, sarana dan prasarana, kurangnya semangat siswa. (3) Upaya yang lakukan oleh pihak madrasah dalam meningkatkan religisitas siswa diantaranya adalah Keteladanan dan juga pembiasaan dalam praktik. Karena pada dasarnya meningkatkan religiusitas siswa itu tergantung pada keaktifan kegiatan yang dilaksanakan di madrasah dan tentu kegiatan tersebut akan menghasilkan keberkahan tersendiri bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepala Madrasah, Nilai-Nilai Agama, Religiusitas Siswa | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kegiatan Ekstrakulikuler | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2024 04:20 | ||||||
Last Modified: | 11 Oct 2024 04:20 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12336 |
Actions (login required)
View Item |