Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanan Zat di MTs Matholiul Huda Posono Gembong Pati

Faqihuddin, Muhammad (2023) Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanan Zat di MTs Matholiul Huda Posono Gembong Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) merupakan pembelajaran yang memfokuskan siswa untuk aktif melakukan kegiatan pembelajaran, baik itu merencanakan suatu produk, mengerjakan produk, meninjau produk hingga berbagai produk. Kemudian GAP dari penelitian ini adalah Model pembelajaran di sekolahan tersebut masih menggunakan metode konvensional yang cenderung siswanya pasif dalam mengikuti pembelajaran dan meraka merasa bosan. Tingkat pemahaman materi dengan menggunakan metode konvensional terbilang rendah terlebih fisika merupakan palajaran yang memerlukan pemahaman konsep dalam memahami materi. Dalam menerangkan materi guru tidak mengunakan media untuk mempermudah pemahaman materi sehingga siswa hanya membayangkan materi yang disampaikan. Guru kurang memanfaatkan atau mengaitkan materi pembelajaran dengan lingkungan sekitar saat menerangkan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui: 1) keterlaksanaan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Pada Materi Tekanan Zat di MTs Matholiul Huda Posono Gembong Pati. 2) pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) siswa Pada Materi Tekanan Zat di MTs Matholiul Huda Posono Gembong Pati. 3) Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) lebih baik dari pada model konvensional terhadap hasil belajar siswa Pada Materi Tekanan Zat di MTs Matholiul Huda Posono Gembong Pati. Penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen semu (Quasy experiment) dengan menggunakan desain Pre-Test And Post-Test group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Matholiul Huda Posono Gembong Pati. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling, yang terpilih menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII A sebanyak 30 siswa dan yang terpilih menjadi kelas kontrol adalah kelas VIII B sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung < t tabel dengan α = 0,05, dengan hasil diperoleh 0,00 < 0,05 menunjukan bahwa adanya pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) siswa Pada Materi Tekanan Zat di MTs Matholiul Huda Posono Gembong Pati. Diketahui bahwa peningkatan hasil belajar diperoleh data rata-rata kelas kontrol dan eksperimen. Data kelas kontrol menunjukkan rata-rata 73% lebih besar dibanding kelas eksperimen dengan rata-rata skor 59%. Dengan besar effect 0,756 termsuk dalam kataristik besar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Matholiul Huda Posono Gembong Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoor, Faiq MakhdumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran REACT, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:08
Last Modified: 14 Oct 2024 08:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12343

Actions (login required)

View Item View Item