Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI MIPA MA Sabilul Ulum Mayong Jepara

Lubab, Haqimatul (2023) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI MIPA MA Sabilul Ulum Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover- Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak. pdf.pdf

Download (284kB)
[img] Text
3. Daftar Isi. pdf.pdf

Download (239kB)
[img] Text
4. BAB I. pdf.pdf

Download (363kB)
[img] Text
5. BAB II. pdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III. pdf.pdf

Download (475kB)
[img] Text
7. BAB IV. pdf.pdf

Download (477kB)
[img] Text
8. BAB V. pdf.pdf

Download (208kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka. pdf.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen quasi dan desain pre-test post-test control group design. Sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas yakni kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan soal tes essay kemampuan berpikir kritis berjumlah 12 soal sesuai sub-indikator berpikir kritis dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney karena ditemukan distribusi yang tidak normal. Hasil penelitian efektivitas penerapan model pembelajaran probing prompting terhadap tingkat kemampuan berpikir kritis siswa di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara pada materi sistem peredaran darah memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan hasil tes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tingkat berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran probing prompting pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dibuktikan dengan hasil rata-rata N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,390504 dan kelas eksperimen sebesar 0,4777. Untuk kriteria respon siswa dalam pembelajaran model probing prompting memperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria respon baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney didapatkan hasil bahwa 101.500 > 2.000 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan rerata hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Karena terdapat perbedaan, maka model pembelajaran probing prompting efektif terhadap peserta didik pada materi sistem peredaran darah.”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaelasari, IseuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Peredaran Darah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2024 08:27
Last Modified: 14 Oct 2024 08:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12345

Actions (login required)

View Item View Item