Nisa’, Nia Zahrotun (2023) Upaya Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Lewat Pembiasaan Sholat Berjama’ah di MI NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (645kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (358kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (387kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (628kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (374kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (737kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (360kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
Abstract
Latar belakang masalah ini ialah bahwa banyaknya kasus kejahatan diluaran sana dan maraknya kenakalan remajayanag terjadi di sekitar kita. Hal ini dikarenakanbanyak hal, seperti pendidikan agama dan moral yang diajarkan di sekolah atau madrasah masih kurang karena lebih kepada dasar-dasar agama, sementara akhlak atau kandungan nilai didalamnya belum disampaikan selain itu pengaruh globalisasi yang semakin melebar sehingga karakter pada bangsa ini menjadi menurun. Studi ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Upaya pembentukan karakter religius peserta didik lewat pembiasaan sholat berjamaah di MI NU Nahdlatul Athfal Puyoh Dawe Kudus, 2) Aspek pendukung dan penghambat dalam melakukan aktivitas pembiasaan sholat berjamaah dalam menumbuhkan karakter religious di MI NU Nahdlatul Athfal, 3) Imbas Pembentukan Karakter Religius lewat Pembiasaan Shalat Berjamaah di MI NU Nahdlatul Athfal. Studi ini memakai jenis studi kualitatif deskriptif. Data penelitian didapat lewat tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang dipakai yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Di lain sisi tehnik pengecekan keabsahan data yang dipakai yaitu perpanjangan kehadiran penelitian dan trianggulasi, juga kecukupan referensi. Adapun hasil studi ini menunjukkan: 1.) pembentukan karakter religius lewat pembiasaan shalat berjamaah di MI NU Nahdlatul Athfal Puyoh, dengan upaya yang dijalankan lewat: memotivasi, mengarahkan peserta didik untuk salat berjamaah, dan guru tentunya menjadi sosok suri tauladan bagi peserta didik untuk mengerjakan salat berjamaah di sekolah. Untuk tercapaianya dari aktivitas pembiasaan itu guru juga membuat program jadwal harian agar aktivitas shalat berjamaah senantiasa berjalan dan menjadi satu kebiasaan. 2.) dalam melakukan upaya itu ada sejumlah aspek yang mempengaruhi, baik dari peserta didik itu sendiri yang kurang semangat dalam menunaikan sholat berjamaah, tidak disiplin dalam melakukan. 3.) karakter religius yang dihasilkan dari pembiasaan sholat berjamaah ialah: peserta didik lebih menghargai waktu, saling menghargai satu sama lain, peserta didik bisa membaur dengan lingkungan, peserta didik lebih banyak mendapat pengalaman ilmu dalam memahami agama lebih luas. Sehingga dapat diimplikasikan siswa dalam perilaku sehari-hari dengan meningkatkan ketaqwaan dan tanggung jawab, peningkatan karakter kedisiplinan, sikap saling menyanyangi, jujur dan tawaduk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan, karakter religius, pembiasaan shalat berjamaah | ||||||
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 14 Oct 2024 08:35 | ||||||
Last Modified: | 14 Oct 2024 08:35 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12346 |
Actions (login required)
View Item |