Ulya, Nafiatul (2023) Analisis Praktik Pemberdayaan Ekonomi dan Penanaman Nilai Entrepreneurship di Pondok Pesantren al Maymun Klambu Grobogan. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (392kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (676kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (876kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (515kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (730kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (303kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (491kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan tentang program kegiatan pemberdayaan ekonomi dari Implementasi Entrepreneurship di Pondok Pesantren Secara Umum, (2) Kegiatan Pemberdayaan Ekonomi melalui Praktik Berwirausaha di Pondok Pesantren Al-Maymun, (3) Pandangan santri terhadap konsep dalam praktik berwirausaha di Pondok Pesantren Al-Maymun, dan (4) Pandangan Akademisi terhadap Penanaman Nilai Entrepreneurship kepada santri di Pondok Pesantren Al-Maymun. Penelitian dilaksanakan dengan memakai jenis penelitian human instrument dengan pendekatan kualitatif. Arti human instrument adalah memilih seseorang sebagai informan mengenai sumber data, pengumpulan data, menilai kualitas data, analisis data, tafsir data serta membuat kesimpulan atas semuanya. Adapun metode yang dipakai untuk mengumpulkan data ini melalui penggunaan teknik pengamatan atau observasi, interview atau wawancara serta dokumen yang di dapatkan dari sumber yang mempunyai revelensi terhadap permasalahan penelitian. Data ini di peroleh melalui interview dengan pengasuh, pengurus dan santri Pondok Pesantren Al-Maymun serta akademisi yaitu salah satu dosen IAIN Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk Program Pemberdayaan Ekonomi dari Implementasi Entrepreneurship di Pondok Pesantren Secara Umum merupakan bentuk program yang ada di dalam Pondok pesantren dengan melakukan berwirausaha yang nantinya hasil dari laba digunakan untuk pembangunan sarana pra sarana dan pengembangan sistem di pondok pesantren. (2) Bentuk program kegiatan pemberdayaan ekonomi di pondok pesantren Al-Maymun berpusat pada kegiatan kewirausahaan. Bentuk kegiatan kewirausahaan ini merupakan bentuk pemberdayaan dengan model usaha ekonomi milik kiai sebagai orang yang bertanggungjawab penuh, hasil setengah laba dioprasionalkan untuk program sosial santri salah satunya adalah program beasiswa santri tidak mampu, serta kegiatan ekonomi untuk melatih keterampilan wirausaha santri. Strategi bisnis yang diberikan pengasuh oleh santri yaitu melalui tahap penyadaran, pembinaan, dan kemandirian dengan menggunakan empat fungsi manajemen meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (Leading), dan pengendalian (controlling. (3) Pandangan santri terhadap konsep dalam praktik berwirausaha di Pondok Pesantren Al-Maymun yaitu munculnya beberapa karakter santri setelah belajar berwirausaha di pondok pesantren dengan bentuk adanya rasa percaya diri dan tanggungjawab dalam mengelola usaha serta para alumni telah mempraktikkan untuk mendirikan usaha dirumah maisng-masing. (4) Pandangan Akademisi terhadap penanaman Entrepreneurship kepada santri di pondok pesantren ini di berikan dari salah satu dosen kewirausahaan IAIN Kudus memberikan pandangan bahwa pentingnya penanaman kewirausahaan kepada santri yakni hal tersebut dapat bermanfaat untuk keberlangsungan santri ketika sudah lulus dari pondok untuk memenuhi kebutuhan dunia dan materillnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan Ekonomi, Penanaman Entrepreneurship Santri, Pondok Pesantren | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 18 Oct 2024 04:17 | ||||||
Last Modified: | 18 Oct 2024 04:17 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12371 |
Actions (login required)
View Item |