Fahrunnisa, Yuana (2023) Peran Guru Agama Islam dalam Menanamkan Moderasi Beragama di SMK Duta Karya Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (268kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (605kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (613kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (382kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (772kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (245kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
Abstract
Moderasi beragama semakin menjadi hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada siswa sedini mungkin. Karena dengan adanya moderasi beragama ditengah masyarakat yang multikultural, maka akan membantu mempertahankan kesatuan dan persatuan dalam kehidupan bermasyarakat. Pada penelitian ini peneliti ingin meneliti bagaimana peran guru agama Islam dalam menanamkan moderasi beragama di SMK Duta Karya Kudus ditengah semakin maraknya sikap intoleransi ditengah masyarakat serta adanya paham radikalisme yang semakin meresahkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan peran guru agama Islam dalam membangun Moderasi Beragama di SMK Duta Karya Kudus. 2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membangun Moderasi Beragama oleh guru agama Islam di SMK Duta Karya Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sesuai dengan obyek kajian makna dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan mengambil lokasi di SMK Duta Karya Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reducation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (data conclusion). Objek keabsahan data menggunakan beberapa cara, yaitu pengamatan, trianggulasi dan juga mengggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran guru agama Islam di SMK Duta Karya Kudus dalam kegiatan pembelajaran sebagai pengajar adalah dengan menyampaikan materi kepada siswa, lalu dalam menyampaikan materinya, guru mengaitkan materi yang ada dengan nilai-nilai dari moderasi beragama. Untuk membentuk sikap moderasi beragama pada siswa di SMK Duta Karya Kudus, guru agama Islam memiliki peran penting sebagai berikut : 1) Peran Sebagai Conservator (pemelihara),. 2) Peran sebagai Innovator (pengembang).3) Peran sebagai Transmitter (penerus). 4) Peran sebagai transformator (penerjemah). 5) Peran sebagai organizer (penyelenggara). Faktor pendukung menanamkan sikap moderasi beragama di SMK Duta Karya Kudus yaitu : 1) Partisipasi siswa dalam menanamkan sikap moderasi beragama, 2) Dukungan dari unit lain, 3) Kebijakan-kebijakan sekolah, 4) Adanya Sosial Media sebagai media penyebaran informasi. Sedangkan faktor penghambat menanamkan sikap moderasi beragama di SMK Duta Karya Kudus yaitu :1) Hambatan di awal tahun pertama, 2) Sikap Fanatisme, 3) Penerapan Kurikulum Merdeka Yang Belum Maksimal, 4) Adanya Berita Hoax Dalam Sosial Media.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | peran, guru agama islam, moderasi beragama | ||||||
Subjects: | Agama > Hubungan Antaragama Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Oct 2024 08:34 | ||||||
Last Modified: | 21 Oct 2024 08:34 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12386 |
Actions (login required)
View Item |