Penerapan Metode Belajar At-Tartil dalam Membaca dan Menghafal Al-Qur'an pada Siswa Boarding School Kelas 7a di MTs Tarbiyatul Banin

Rahmawati, Siti Nur (2023) Penerapan Metode Belajar At-Tartil dalam Membaca dan Menghafal Al-Qur'an pada Siswa Boarding School Kelas 7a di MTs Tarbiyatul Banin. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (730kB)
[img] Text
2. ABBSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (486kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1.) mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode At-Tartil dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an pada siswa boarding school kelas 7a di MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati. 2.) Mendiskipsikan bentuk capaian pembelajaran menghafal Al-Qur’an dengan metode At-Tartil pada siswa boarding school kelas 7a di MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati. 3.) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan penerapan metode At-Tartil dalam membaca dan menghafal Al-Qur'an pada siswa boarding school kelas 7a di MTs Tarbiyatul Banin Winong Pati. Penelitian”ini merupakan jenis penelitian lapangan”(Field Research). Penelitian”lapangan (Field Research) merupakan penelitian yang bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang sekarang dan interaksi lingkungan sesuatu unit sosial, individu, kelompok, Lembaga atau”masyarakat. Pembelajaran menghafal Al-Qur’an di kelas 7a Tahfidz boarding MTs Tarbiyatul Banin. Dimana siswa dituntut untuk menyesuaikan bacaannya sesuai dengan kaidah tajwid, dan pelafalan huruf sesuai dengan makhrajnya. Sehingga siswa memiliki fondasi dalam menghafal Al-Qur’an. Selain itu dalam membaca tartil harus serasi dan indah ucapan atau kalimat yang disusun secara rapi dan diucapkan dengan baik dan benar. Capaian hasil menghafal Al-Qur’an dengan metode At-Tartil di MTs Tarbiyatul Banin tidak mengacu pada jumlah hafalan santri melainkan kualitas bacaan santri terlebih dahulu, sehingga diharapkan setelah santri atau peserta didik sudah memiliki fondasi barulah mengejar hafalan, sehingga antara satu siswa dengan siswa yang lain memiliki capaian hasil yang berbeda, berdasarkan bekal awal santri dari sekolah asal. Faktor pendukung: Kondisi Siswa sudah memiliki dasar dari jenjang sebelumnya seperti, TPQ, diniyah, juga hafalan di pontren sebelumnya, memudahkan siswa untuk menerima metode menghafal Al-Qur’an dengan At-Tartil, Dukungan dari Kepala MTs Tarbiyatul Banin, Guru Tahfidz kelas 7a yang merupakan hafidz dan hafidzah bersanad, Fasilitas pendukung dalam membaca Al-Qur’an, Peran Orang Tua memberi suport positif kepada siswa, Faktor penghambat: Kondisi Siswa kelas 7a beragam dan memiliki basic metode membaca dan hafalan yang berbeda, tingkat kesabaran guru tahfidz serta waktu yang kadang terpotong, kurangnya jumlah murobbi dalam memantau siswa dan hafalan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Belajar, At-Tartil, Membaca Dan Menghafal Al-Qur'an, Siswa Boarding School Kelas 7A
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Oct 2024 07:00
Last Modified: 25 Oct 2024 07:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

View Item View Item