Hidayat, Fatkhurrohman Afif (2023) Peran Pengasuh Dalam Membimbing Kemandirian Santri Autis Untuk Meningkatkan Ibadah Sholat Di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (526kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (575kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (371kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (634kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (266kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran santri agar hidup mandiri guna meningkatkan ibadah sholat santri autis; (2) Untuk mengetahui peran pengasuh dalam membimbing santri agar hidup mandiri untuk meningkatkan ibadah sholat santri autis; (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pengasuh dalam membimbing kemandirian santri untuk meningkatkan ibadah sholat di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif, data yang diperoleh melalui field research (penelitian lapangan). Yang dimaksud dengan field research adalah suatu research yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki secara langsung. Hal tersebut menjadi acuan penelitian dikaenakan lebih efektif jika peneliti dapat merasakan sendiri suasana dan terjun langsung ke lapangan. Sehingga peneliti lebih efektif dalam pengumpulan data dan berbagai hal lainya. Dalam hal ini penelitian akan melakukan field research di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Kudus Jawa Tengah. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pengasuh pondok dalam meningkatkan kemandirian santri autis untuk meningkatkan ibadah shalat yaitu: (1) Peran pengasuh sebagai penentu arah dengan membuat visi misi pondok; (2) Peran pengasuh sebagai perancang dengan merancang kegiatan, tata tertib dan peraturan pondok yang berorientasi terhadap kemandirian santri; (3) Pengasuh sebagai agen perubahan dengan selalu mengupayakan perubahan-perubahan perilaku dan kebiasaan santri menjadi lebih baik lagi; (4) Pengasuh sebagai motivator dengan memberi semangat dan motivasi-motivasi agar rajin mengikuti kegiatan shalat; (5) Pengasuh sebagai suri tauladan dengan memberikan contoh selalu mengikuti shalat berjamaah agar bisa ditiru santri, (g) sebagai penasehat dengan memberi nasehat-nasehat kepada santri agar selalu mengikuti kegiatan shalat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran pengasuh pondok, Kemandirian, Sholat | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:37 | ||||||
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:37 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12442 |
Actions (login required)
View Item |