Fadillah, Umy Hanifatul (2023) Peran Bimbingan Rohani Islam Terhadap Penyesuaian Diri Pada Remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (980kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (295kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (408kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (633kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (881kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (528kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (943kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (385kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peran bimbingan rohani Islam yang disampaikan oleh pembimbing kepada remaja yang sedang memiliki masalah dengan penyesuaian dirinya selama berada di panti asuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) Menjelaskan mengenai peran bimbingan rohani Islam terhadap penyesuaian diri pada remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Pati. (2) Menjelaskan faktor pendukung dari peran bimbingan rohani Islam terhadap penyesuaian diri pada remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Pati. (3) Menjelaskan faktor penghambat dari peran bimbingan rohani Islam terhadap penyesuaian diri pada remaja di Panti Asuhan Darul Hadlonah Pati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (field research). Sumber datanya adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pengasuh, pengurus, dan remaja. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bimbingan rohani Islam dalam proses penyesuaian diri berperan sebagai rehabilitasi, pengembangan, dan pencegahan terhadap berbagai perilaku penyesuaian diri yang dilakukan oleh remaja. Bimbingan rohani Islam memiliki pengaruh positif terhadap proses penyesuaian diri remaja yang tandai dengan kemampuan mengontrol emosionalitas, mengatasi mekanisme pertahanan diri, mengatasi perasaan frustasi diri, kemampuan belajar, memanfaatkan pengalaman serta mampu bersikap realistis dan obyektif terhadap permasalahan yang dialaminya. (2) Faktor pendukung dari peran bimbingan rohani Islam terhadap penyesuaian diri remaja yaitu pembimbing yang berkompeten dalam melaksanakan tugasnya, pembimbing yang memiliki rasa welas asih, kecakapan hidup yang dimiliki oleh remaja dan adanya kesadaran remaja untuk bersosialisasi dengan lingkungan. (3) Faktor penghambat dari peran bimbingan rohani Islam terhadap penyesuaian diri remaja yaitu minimnya kesadaran remaja untuk melakukan konsultasi dengan pengasuh, adanya reaksi menyerang remaja yang belum bisa mengakui kegagalan dalam menyelesaikan masalah dan kurangnya remaja dalam menyelesaikan masalah secara efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Bimbingan Rohani Islam, Penyesuaian Diri, Remaja | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2024 06:12 | ||||||
Last Modified: | 30 Oct 2024 06:12 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12444 |
Actions (login required)
View Item |