ANALISIS STRUKTUR PASAR, PERILAKU, DAN KINERJA SECARA SYARIAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN HOME INDUSTRY MEBEL DI KECAMATAN BATEALIT JEPARA

Mualimin, Mualimin (2016) ANALISIS STRUKTUR PASAR, PERILAKU, DAN KINERJA SECARA SYARIAH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN HOME INDUSTRY MEBEL DI KECAMATAN BATEALIT JEPARA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)

Abstract

Industri mebel Jepara merupakan salah satu sektor yang menjadi unggulan perekonomian Kabupaten Jepara yang berkembang dari talenta lokal seni ukir Jepara. Kerajinan mebel ukir menjadi home industry rumahan (home industry) yang ditekuni masyarakat Jepara sebagai sumber mata pencaharian. Salah satunya Kecamatan Batealit Jepara yang sebagian besar mayarakatnya bergantung dengan home industry mebel, atau sebagai buruh pabrik. Perkembangan pesat industri mebel Jepara terjadi pada era tahun 1990-an dan mencapai puncaknya pada saat krisis ekonomi Indonesia 1998 yang didorong oleh ketersediaan bahan baku yang melimpah dan pasar ekspor yang tumbuh pesat. Setelah era pemulihan krisis ekonomi Indonesia industri ini mengalami kecenderungan penurunan disebabkan karena berkurangnya ketersediaan bahan baku, persaingan dengan industri sejenis di pasar global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: struktur pasar industri, perilaku industri dan kinerja industri mebel di Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Target penelitian adalah home industry mebel (industri rumahan). Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu denga cara observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap perwakilan atau beberapa dari home industry mebel di Kecamatan Batealit Jepara. Data untuk tujuan analisis diperoleh dari data observasi, wawancara mendalam dengan pelaku usaha home industry. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa, struktur pasar home industry mebel di Kecamatan Batealit Jepara adalah struktur persaingan monopolistik. Perilaku (conduct) yang merupakan pola tanggapan industri di dalam pasar, khususnya home industry mebel di Kecamatan Batealit Jepara masih lemah. Kinerja (performance) home industry dilihat dari profitabilitas, efisiensi, pertumbuhan ekonomi, dan kesempatan kerja penuh, menunjukkan kinerja yang bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Structure; Conduct; Performance; Home Industry Mebel; Batealit Jepara
Subjects: Sosial > Ilmu Ekonomi > Produksi dan Industri
Divisions: Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 06:01
Last Modified: 03 Dec 2016 06:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item