Saputro, Eko (2023) Motivasi Belajar Pendidikan Islam Dalam Kitab Tanqih al-Qaul al-Hatsits Bab Fadhilah al-Ilm wa al-Ulama’ Karya Imam Nawawi al-Bantani. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (281kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (364kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (608kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (347kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (744kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (320kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
Abstract
Kitab kitab Tanqih al-Qaul al-Hatsits merupakan kitab syarah hadits karya Imam Nawawi al-Bantani, seorang ulama’ dari Banten yang bermukim di mekah. Kitab ini merupakan syarah terhadap kitab Lubab al-Hadits karya Imam suyuthi. Sebagaimana karyanya yang lain, kitab ini juga banyak di kaji dan menjadi refrensi di berbagai pondok pesantren di Nusantara. Namun, kajian mendalam tentang kitab ini masih kurang, termasuk kajian tentang motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar dalam lingkup pendidikan islam yang terdapat dalam kitab Tanqih al-Qaul al-Hatsits pada bab fadhilah al-ilm wa al-ulama’ karya Imam Nawawi al-Bantani. Motivasi belajar yang di kemukakan Imam Nawawi orientasinya untuk kehidupan dunia dan akhirat sehingga berbeda dengan motivasi belajar yang di kemukakan para psikolog yang hanya berorientasi aspek dunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilakukan dengan didasarkan pada data-data kepustakaan dengan sumber primer yaitu kitab Tanqih al-Qaul al-Hatsits karya Imam Nawawi al-Bantani dan sumber sekunder berupa literature lain yang berkaitan dengan subjek penelitian. Setelah itu, di analisis dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisa mengenai motivasi belajar dengan menelaah kitab Tanqih al-Qaul al-Hatsits karya Imam Nawawi al-Bantani ada delapan, diantaranya ego involvement, tujuan yang diakui, minat dan hasrat dalam belajar, reward, pujian, cerita, punishment dan hasil belajar. Selanjutnya, mengenai pendidikan islam menurut Imam Nawawi dapat diketahui dengan melihat aspek pemikiran beliau tentang tujuan pendidikan yang mana manusia memiliki dua fungsi, kurikulum yang mengedepankan ilmu fardlu ‘ain dari pada fardlu kifayah, metode belajar yang mudah di terima siswa, kode etik pendidik atau adab pendidik dalam mendidik dan akhlak atau adab peserta didik dalam suatu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Imam Nawawi al-Bantani, Kitab Tanqih al-Qaul al-Hatsits | ||||||
Subjects: | Filsafat dan Psikologi > Psikologi > Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2024 06:50 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 06:50 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12505 |
Actions (login required)
View Item |