Pelaksanaan Program Dakwah Training Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Pada Mts Mamba’ul Ulum Grogolan Pati

Tamam, Muhammad Islahut (2023) Pelaksanaan Program Dakwah Training Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Pada Mts Mamba’ul Ulum Grogolan Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan dakwah training dalam meningkatkan prestasi belajar fiqih siswa MTs. Mamba’ul Ulum Grogolan Pati, 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan dakwah training dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MTs. Mamba’ul Ulum Grogolan Pati. 3) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Ulum Grogolan. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling yang berjumlah 5 informan. Subyek penelitian ini yaitu dengan Kepala Sekolah, Wali Kelas, Guru Mapel, siswa. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi data maupun kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksaan dakwah training dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dilaksanakan pada hari rabu, adapun metode yang digunakandalm program dakwah training adalah seperti Khitobah dan tema yang akan disampaikan sudah disediankan oleh guru mapel. 2) Faktor pendukung dari pelaksaan Program dakwah training ini adalah Kegiatan kitobah yang diadakan di sekolahan telah melatih siswa-siswinya. Kegiatan tersebut memang memiliki durasi tujuh menit, akan tetapi memiliki peran luar biasa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Faktor penghambat program dakwah training dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini membutuhkan kesabaran dalam melatih siswa-siswa dalam program dakwah training. 3) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Mamba’ul Ulum Grogolan cenderung kurang stabil ada yang memperoleh nilai namun masih banyak siswa yang yang memperoleh prestasi belajar yang kurang kurang baik, sehingga diperlukan adanya inovasi dari guru agar dapat membuat prestasi belajar siswa menjadi lebih baik. Maka dari itu diadakanlah program dakwah training dengan bertujuan agar dapat meningkatkan kemandirian, keberanian serta hasil akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terutama dalam mata pelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWardhani, Irma YuniarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dakwah Training, Prestasi belajar, fiqih
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Nov 2024 03:50
Last Modified: 11 Nov 2024 03:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item View Item