Strategi Pembinaan Sikap Spiritual Keagamaan Peserta Didik di Darul Ilmi Islamic Boarding School MAN 1 Demak

Darojah, Innarotut (2023) Strategi Pembinaan Sikap Spiritual Keagamaan Peserta Didik di Darul Ilmi Islamic Boarding School MAN 1 Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (686kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (721kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (750kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (529kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (392kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yakni dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yakni kepala boarding school, ustadz dan ustadzah, serta peserta didik Darul Ilmi Islamic Boarding School MAN Demak. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi, adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Strategi pembinaan sikap spiritual keagamaan peserta didik di Darul Ilmi Islamic Boarding School MAN 1 Demak menggunakan beberapa metode: Pemberian motivasi yakni berupa pengembangan bimbingan santri, pemberdayaan santri, memberikan arahan kepada santri, serta membentuk komunikasi Asatidz dengan orang tua; Pengajaran yakni berupa memberikan pola asuh 24 jam yang dipantau oleh para asatidz, halaqoh yang dilaksanakan setelah isyak, subuh dan ashar, ngaji dengan metode sorogan, serta ngaji kitab setelah maghrib dengan metode bandongan; Keteladanan yakni berupa memberikan contoh perilaku yang baik kepada santri, memberikan keteladanan dalam semangat terus belajar, asatidz memberikan contoh yang baik tidak hanya dalam lingkungan boarding, akan tetapi juga memberikan contoh yang baik saat di luar boarding, selain itu juga tidak hanya memberikan perintah saja kepada santri tetapi juga memberikan contoh sikap langsung untuk diterapkan oleh asatidz sendiri; Pelatihan dan Pembiasaan yakni berupa pembiasaan sholat berjamaah lima waktu, sikap disiplin dalam melaksanakan ibadah, tahlil dan ziarah setiap hari jumat, pembacaan Al barzanji, pembiasaan dalam disiplin belajar; Nasihat dan Teguran yakni berupa memberikan nasihat dan teguran terlebih dahulu kepada santri yang melanggar, pembimbingan santri dilaksanakan oleh semua asatidz dengan cara saat proses pembelajaran berlangsung; Reward and Punishment (Penghargaan dan Hukuman) yakni berupa jika berhasil dalam prestasi maka akan diberikan penghargaan berupa hadiah, misalnya membelikan makanan kesukaan santri. Akan tetapi jika melanggar peraturan maka akan diberikan sanksi atau takziran bermacam-macam sesuai dengan tingkat pelanggarannya. Faktor pendukung dan penghambat strategi pembinaan sikap spiritual keagamaan peserta didik di Darul Ilmi Islamic Boarding School MAN 1 Demak yaitu: Faktor pendukung yakni motivasi dari dalam diri, santri yang sebelumnya sudah pernah berada di pondok pesantren, wali santri yang mendukung santri untuk belajar, lingkungan yang baik, tersedianya sarana dan prasarana yang memadai.; Faktor penghambat yakni kurangnya motivasi diri santri, santri yang dipaksa berada di boarding school, penguasaan tahsin santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugroho, PuspoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembinaan, Sikap Spiritual Keagamaan
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:35
Last Modified: 18 Nov 2024 06:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item View Item