Pengembangan Aplikasi Science For Fun Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA

Fitriani, Miranda (2023) Pengembangan Aplikasi Science For Fun Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover-kata pengantar.pdf

Download (965kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (495kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (647kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Tahapan yang dilakukan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian ini hanya sampai tahap Develop karena terdapat keterbatasan dalam hal pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Science For Fun yang berorientasi kemampuan berpikir kritis siswa dan untuk mengetahui seberapa besar orientasi penggunaan aplikasi Science For Fun terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Aplikasi Science For Fun dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Sketchware yang disusun menggunakan logic yang sudah tersedia. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen angket, soal pretest posttest dan wawancara. Aplikasi Science For Fun menggunakan subjek uji coba skala kecil dengan total 10 siswa pada kelas VIII-G SMP N 5 Kudus dan subjek uji coba skala besar dengan total 30 siswa pada kelas VIII-A SMP N 5 Kudus. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan pengembangan aplikasi Science for Fun yang berorientasi pada keterampilan pemikiran kritis siswa yaitu hanya menggunakan tahapan 3D yaitu Define (Pendefinisian), Design (Pendesainan) dan Develop (Pengembangan). Tahapan define yang dilakukan yaitu studi awal penelitian di SMP N 5 Kudus. Tahapan design yang dilakukan yaitu melakukan pendesainan aplikasi. Tahapan develop yang dilakukan yaitu pengembangan produk yang akan diuji cobakan ke skala besar, (2) Orientasi penggunaan aplikasi Science for Fun terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yaitu berorientasi rendah karena nilai N Gain Score diperoleh hasil 0,168 dengan persentase 16,86% dengan kategori tidak efektif. Hal ini disampaikan oleh penilaian pendidik yang memberikan kritik terlalu panjang kalimat dalam penyusunan soal cerita sehingga siswa kurang menangkap inti dari pertanyaan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGhufron, M. NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Science For Fun, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > E-Learning, Pembelajaran Elektronik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Nov 2024 02:36
Last Modified: 20 Nov 2024 02:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item View Item