Anam, Mochammad Irvanul (2023) Implementasi Pendidikan Akhlakul Mahmudah Dan Pendidikan Multikultural Di Era Milenial Pada Santri Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Desa Kerjasan Kudus Tahun 2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (515kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (745kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (747kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (397kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (650kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (451kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (560kB) |
Abstract
Akhlak mahmudah, atau akhlak yang baik disebut juga dengan akhlak terpuji dan orang Islam wajib memilikinya. Akhlak mahmudah ketika terdapat dalam diri manusia, dirinya akan merasakan kontrol dari Tuhannya dan pada akhirnya memunculkan nilai kondusif dan positif bagi kemasalahatan mnausia. Terdapat tiga bentuk akhlak mahmudah ini, mulai dari Akhlak kepada Allah swt, Akhlak kepada alam, dan akhlak kepada sesama manusia. Wujud dari akhlakul mahmudah pada masa sekarang ini menjadi peran penting dalam proses pembelajaran atau pendidikan. Pada dasarnya pendidikan multikultural di terapkan pada masa sekolah agar konsep multikulturalisme dapat terealisasikan dengan baik, Multikulturakisme menyatakan urgensi adanya sekolah yang mengakui beragam perbedaan kelas sosial, keterbatasan, orientasi seksual, gender, etnis, dan ras serta semua peserta didik merupakan sumber berharga dalam meningkatkan kegiatan belajar mengajar Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pendidikan akhlakul mahmudah dan pendidikan multikultural di era milenial pada santri (2) Untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlakul mahmudah dan pendidikan multikultural di era milenial (3) Untuk mengetahui apa saja hambatan dan solusi yang digunakan untuk mengatasi hambatan pendidikan akhlakul mahmudah dan pendidikan multikultural diera milenial. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yang diaksanakan melakukan secara langsung dilapangan dengan harapan memperoleh data utama yang akurat, cermat dan lengkap. Kemudian melihat dari sudut pandang pendekatan, dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu pengasuh pondok pesantren dan pengurus pondok pesantren riyadlus sholihin krajan kudus. Penerapan pendidikan multikultural di Pondok adalah para santri dituntut untuk menerapkan nilai-nilai toleransi dan saling menghargai perbedaan yang ada. Dengan adanya nilai-nilai pendidikan multikultural itulah dapat menjadikan para santri hidup rukun, damai, sejahtera, saling menghoramati satu sama lain dan saling menghargai sesama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Akhlakul mahmudah, Pendidikan Multikultural, Santri | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan > 370.114 Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:15 | ||||||
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:15 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12647 |
Actions (login required)
View Item |