Widyaningsih, Widyaningsih (2023) Strategi Guru Paud Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mengenalkan Warna Pada Anak Usia Dini Di Kb Bunga Dahlia Sukolilo Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (324kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (351kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (655kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (437kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (965kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (374kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (603kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAUD dalam meningkatkan kecerdasan kognitif anak melelui kegiatan mengenalkan warna di KB Bunga Dahlia Sukolilo Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah siswa di KB Bunga Dahlia Sukolilo Pati, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu pertama data reduksi data (merangkum hal pokok) guna mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai pelaksanaan kegiatan pengenalan warna, kedua dengan penyajian data (data display) berupa uraian serta penjelasan yang berkaitan dengan pernyataan seputar analisis strategi guru dalam mengenalkan warna, yang ketiga verifikasi data (data verification) data disimpulkan dengan melihat keseluruhan proses kegiatan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Strategi guru di KB Bunga Dahlia dalam meningkatkan aspek kognitif anak melalui kegiatan mengenalkan warna, yaitu penggunaan materi kegiatan yang beragam oleh tenaga pendidik di KB Bunga Dahlia. Melalui penggunaan materi kegiatan yang beragam dalam pengenalan warna seperti kegiatan mewarnai, anak mampu melatih ingatannya terhadap peristiwa yang dialami. Kegiatan pencampuran warna, anak-anak menjadi tahu bahwa ketika dua warna yang dicampur menghasilkan warna lain, hal ini dapat membuat anak cerdas kognitifnya, dan kegiatan finger painting dapat membuat anak mengetahui hal-hal baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Guru, Kognitif, Anak Usia Dini, Warna | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2024 03:08 | ||||||
Last Modified: | 21 Nov 2024 03:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12671 |
Actions (login required)
View Item |