Septyana, Dwi Arum (2024) Penanaman Kemandirian Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK IT Nurul Fikri Trangkil Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dibuat dengan tujuan untuk 1) mengetahui perihal penanaman kemandirian anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK IT Nurul Fikri Trangkil Pati. 2) mengetahui problem dan solusi yang terjadi dalam penanaman kemandirian anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK IT Nurul Fikri Trangkil Pati. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menanamkan kemandirian anak sejak dini karena salah satu aspek penting yang seharusnya dimiliki oleh setiap anak, sehingga berfungsi membantu mencapai tujuan hidupnya sehingga akan sukses memperoleh penghargaan dan pencapaian positif di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini kelompok A usia 4-5 tahun yang berjumlah 14 anak. Sedangkan sumber data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, guru kelompok A, dan juga orang tua dari anak kelompok A. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penanaman kemandirian anak difokuskan pada aspek kemandirian yaitu: emosi, ekonomi, dan sosial. Penanaman kemandirian tersebut didapatkan dari hasil kepercayaan, pembiasaan, disiplin dan komunikasi. Pembiasaan tersebut didapatkan dari cara: 1) Ketika memasuki area sekolah anak dibiasakan tanpa diantar orang tua sampai kedepan ruangan. 2) Melepas dan menaruh sepatu kerak yang telah disediakan. 3) Menaruh tas ketempat yang sudah disediakan. 4) Mengikuti proses pembelajaran dikelas dengan baik, yaitu seperti aktif mengikuti metode tanya jawab. 5) Menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan baik. 6) Merapikan kembali meja selesai digunakan. 7) Berbagai mainan kepada teman lain. 8) Berhenti bermain saat bel masuk berbunyi. Problem yang ditemukan yaitu: anak yang masih kurang mengikuti aturan, anak yang masih diantar orang tua, serta masalah pola asuh berbeda yang diterapkan anatar dirumah dan disekolah. Solusi tersebut diberikan dengan cara memberikan teguran dan evaluasi diakhir pembelajaran serta homevisit atau sharing pihak lembaga dengan orang tua untuk mendapatkan solusi terbaik dari masalah yang dihadapi mengena proses pembelajaran serta penanaman kemandirian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Penanaman,Kemandirian, anak usia 4-5 tahun | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Taman Kanak-Kanak/TK | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 03:34 | ||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:34 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12705 |
Actions (login required)
View Item |