Kurniasari, Novyana (2023) Judul Penelitian “Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (537kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (463kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (568kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (863kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (575kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (752kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (455kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (582kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui implementasi program tahfidz al-qur’an dalam membentuk karakter disiplin siswa MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. 2) untuk mengetahui capaian tahfidz siswa MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. 3) untuk mengetahui kedisiplinan siswa MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus dalam mengikuti program tahfidz. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek yang dipilih peneliti yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru, siswa, dan orang tua. Adapun pengumpulan data yaitu wawancara semi struktur, observasi pasif, dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru, orang tua dan siswa MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumentasi profil sekolah, buku prestasi siswa, materi tahfidz al-qur’an juz 30 serta dokumentasi yang mendukung program tahfidz dalam membentuk karakter disiplin. Penguji kebsahan data yang digunakan ialah perpanjangan pengamatan dan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi teknik. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: 1) Implementasi program tahfidz al-qur’an meliputi: a) Program tahfidz al-qur’an dimasukkan kedalam ekstrakulikuler yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali di hari sabtu, pukul 07.00-07.45. b) Penerapan program tahfidz al-qur’n menggunakan metode sorogan yang dimana siswa menyodorkan langsung hafalannya kepada bapak/ibu guru. 2) Hasil capaian program tahfidz MI NU Mifatahl Ulum Loram Kulon Jati Kudus menunjukkan bahwa pencapaian hafalan siswa mencapai sesuai terget, serta sekolah akan menahan raport peserta didik yang belum menyelesaikan hafalannya sampai selesai. Siswa diberikan kesempatan untuk memperbaiki hafalannya dengan remidi apabila hasilnya masih belum memenuhi. 3) Kedisiplinan siswa MI NU Miftahaul Ulum Loram Kulon Jati Kudus terbentuk selama proses pembelajaran tahfidz melalui pembiasaan-pembiasaan dan adanya target siswa yang harus menyelesaiakan hafalannya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Program Tahfidz Al-Qur’an, Karakter Disiplin | ||||||
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 08:08 | ||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 08:08 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12728 |
Actions (login required)
View Item |