Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Kartu Soal Dalam Materi Sistem Indera Di MAN 1 Pati

Indriani, Sholikah (2023) Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Kartu Soal Dalam Materi Sistem Indera Di MAN 1 Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (623kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (665kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (650kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB)

Abstract

Tujuan adanya penelitian ini antara lain untuk: 1) mengetahui pengaruh implementasi model Teams Games Tournament (TGT) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa 2) mengetahui tingkat berpikir kritis siswa melalui penerapan Teams Games Tournament (TGT) pada materi Sistem Indera 3.) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran materi Sistem Indera. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Eksperimental Design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh kelas XI MIPA 3 (eksperimen) 32 siswa dan kelas XI MIPA 5 (kontrol) 40 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif dan uji hipotesis nonparametrik menggunakan uji Mann Whitney. Adapun hasil analisi: 1) tingkat kemampuan berpikir kritis siswa menunjukan bahwa hasil rata-rata nilai tes siswa mengalami peningkatan, kelas eksperimen diperoleh nilai pre test sebesar 57,62 dan post test sebesar 85,84, dengan n-gain sebesar 0,65 termasuk dalam kriteria sedang.; 2) Hasil respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis media kartu soal menunjukan rata-rata 75,75 berkategori sangat baik; 3) hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Man Whitney menunjukan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbasis media kartu soal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLaelasari, IseuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis , Model Teams Games Tournament, Kartu Soal, Sistem Indera
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:42
Last Modified: 26 Nov 2024 07:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12745

Actions (login required)

View Item View Item