Implementasi Metode Diskusi Dalam Upaya Meningkatkan Pemikiran Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Fiqih Di Ma Nu Hasyim Asy’ari 3 Honggosoca, Jekulo, Kudus Tahun 2022/2023

Mabrur, Ade Ahmad Kholid (2023) Implementasi Metode Diskusi Dalam Upaya Meningkatkan Pemikiran Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Fiqih Di Ma Nu Hasyim Asy’ari 3 Honggosoca, Jekulo, Kudus Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (463kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (262kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)

Abstract

Mata Pelajaran Fiqih adalah mata pelajaran yang tidak bisa diajarkan hanya dengan ceramah saja. Fiqih adalah mata pelajaran yang praktis, memerlukan berbagai strategi pembelajaran, dan memanfaatkan media pembelajaran yang tepat. Metode diskusi digunakan dalam pembelajaran Fiqih untuk merangsang siswa dalam mengembangkan sikap kritis mereka. Hal tersebut menjadi alasan bagi peneliti untuk melaksanakan penelitian mengenai “Implementasi Metode Diskusi dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fiqih di MA NU Hasyim Asy’ari 3 Honggosoco, Jekulo, Kudus.” Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Dalam tahap pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian sesudah dilakukan pengujian keabsahan data, peneliti melakukan analisis data antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengimplementasiannya, terdapat faktor pendukung, faktor penghambat, dan faktor hasil meningkatnya pemikiran kritis siswa. Faktor pendukungnya, yaitu: adanya dukungan Kepala Madrasah, guru yang berkompeten, ketersediaan sarana prasarana, adanya lingkungan sekolah yang nyaman, adanya komunikasi yang baik antara guru, waka kurikulum, kepala sekolah, dan pengawsa dari pusat. Faktor penghambat yakni: siswa yang tidak aktif saat pembelajaran, adanya rasa bosan terhadap materi pembelajaran, kurangnya sarana prasarana yang mendukung pembelajaran, materi yang terlalu banyak. Adapun faktor hasil meningkatkan pemikiran kritis siswa yaitu: dapat memberikan penjelasan sederhana, mampu membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, dan embuat penjelasan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhafidin, ZaenalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Berpikir Kritis, Pembelajaran Fiqih
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2024 01:28
Last Modified: 06 Dec 2024 01:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item View Item