Mubasyaroh, Mubasyaroh (2014) METODE-METODE BIMBINGAN AGAMA ANAK JALANAN. Konseling Religi, 5 (1). ISSN E-ISSN 2477-2100
Full text not available from this repository.Abstract
Anak Jalanan merupakan fenomena ketidakberdayaan orang tua untuk melindungi mereka sehingga anak dijadikan media untuk memenuhi kebutuhan keluarga atau untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dengan lepas dari orang tua dan mencari nafkah di jalanan. Jumlah anak jalanan yang tinggi di wilayah Eks Karesidenan Pati mengharuskan usaha pemberdayaan yang serius dari pemerintah untuk menekan jumlah anak jalanan. Tulisan ini berusaha membuka cakrawala atau pandangan kita tentang anak jalanan, bahwa bagaimanapun kondisi dan keberadaannya, anak jalanan merupakan anak pada umumnya yaitu pada masa prtumbuhan, sehingga keberadaannya memerlukan sentuhan orang dewasa diantaranya melalui bimbingan agama, sehingga potensi yang dimiliki dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Bimbingan agama yang ada diharapkan mampu mengatasi permasalahan keagamaan anak-anak jalanan. Guna membantu mewujudkan perkembangan potensinya, seseorang membutuhkan bimbingan agama dari orang lain. Termasuk di dalamnya adalah anak jalanan yang masih dalam masa pertumbuhan, akan senantiasa membutuhkan peran orang dewasa agar potensi agamanya dapat tumbuh secara maksimal. Terdapat dua metode bimbingan yaitu 1. metode langsung yang terdiri dari teknik individual; percakapan pribadi, kunjungan ke rumah dan kunjungan kerja serta teknik kelompok yang meliputi; diskusi kelompok, karyawisata, sosiodrama dan group teaching, 2. Metode tidak langsung terdiri dari; metode individual dan metode kelompok/massal
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 200 Agama 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel Jurnal |
Depositing User: | UPPI STAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Jun 2017 04:51 |
Last Modified: | 08 Jun 2017 04:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1284 |
Actions (login required)
View Item |