Pemanfaatan Event Internasional sebagai Sarana Marketing dan Branding UMKM (Studi pada UMKM Kopi Tjolo Kudus)

Rahmatillah, Ja’sy Zhilaal (2024) Pemanfaatan Event Internasional sebagai Sarana Marketing dan Branding UMKM (Studi pada UMKM Kopi Tjolo Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (472kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (775kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (695kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (854kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (579kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (955kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong, upaya pemasaran yang dilakukan, serta dampaknya baik dari segi marketing maupun branding dalam memanfaatkan event marketing internasional dalam perhelatan G20 bagi UMKM Kopi Tjolo. Jenis pendekatan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada berbagai pihak internal maupun eksternal dari objek penelitian, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Kopi Tjolo terdorong mengikuti event marketing dalam G20 dikarenakan faktor dari UMKM itu sendiri serta terdapatnya dukungan dari pemerintah. Agar pemasaran berjalan maksimal UMKM Kopi Tjolo menerapkan cara pemasaran seperti pendirian stand, tester, flyer, dan kartu nama. Sedangkan untuk tujuan branding produk, UMKM Kopi Tjolo menerapkan beberapa cara yaitu menambahkan logo G20 dalam sosial media Kopi Tjolo seperti dalam Website, Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Tik-tok, juga di seragam karyawan, serta membagikan pengalaman partisipasi pemasaran event G20 di Bali kedalam akun media sosialnya, dan merubah kemasan menjadi kemasan kaleng agar menyesuaikan standar ekspor. Dampak yang dirasakan setelah upaya tersebut dapat memperluas pemasaran dan meningkatkan citranya. Namun ditemukan fakta lain bahwa dari sisi internasionalnya belum begitu memberikan dampak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarsono, Lorena Dara PutriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Event Internasional, Marketing, Branding, UMKM
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Dec 2024 08:55
Last Modified: 12 Dec 2024 08:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12896

Actions (login required)

View Item View Item