Pengembangan Minat dan Bakat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di MTs NU Al Hidayah Kudus

Hakim, Muhammad Fahrizal (2023) Pengembangan Minat dan Bakat Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di MTs NU Al Hidayah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (774kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (546kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Melihat tren kemajuan globalisasi saat ini dengan diimbangi dengan perkembangan teknologi yang sangat begitu pesat, banyak siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler khususnya ekstrakurikuler keagamaan. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sekolah harus berperan aktif dan kreatif, sehingga kegiatan ekstrakurikuler dapat dikembangkan dan dapat meningkatkan minat dan bakatnya. Pada penelitian ini peneliti ingin meneliti bagaimana pengembangan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs NU Al Hidayah Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikuler keagamaan di MTs NU AL Hidayah Kudus dan juga bertujuan mengetahui bagaiman pengembangan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MTs NU AL Hidayah Kudus. Jenis dalam penelitian ini yaitu memakai penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik dalam analisis data yaitu dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan peserta didik di MTs NU Al Hidayah Kudus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan meliputi penentuan jadwal ekstrakurikuler, mencari pembina ekstrakurikuler dan melengkapi sarana dan prasarana. Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan diadakan dengan baik dengan mengacu pada jadwal yang telah ditetapkan pada saat penyusunan perencanaan. Pengawasan dilakukan secara langsung oleh kepala madrasah yaitu pengawasan dalam proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. 2) Pengembangan minat dan bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilakukan MTs NU Al Hidayah Kudus yaitu dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu dengan memberikan motivasi dan dorongan terhadap siswa agar mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kemampuannya yang diberikan oleh pembina atau pelatih semua ekstrakurikuler keagamaan. dan dari dukungan keluarga. Faktor eksternal yaitu berupa sarana dan prasarana. MTs NU Al Hidayah Kudus juga menyelenggarakan kegiatan lomba setiap semester atau dalam kegiatan classmeeting dan juga mengikuti dalam lomba-lomba mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga tingkat nasional, yang berguna untuk mengoptimalkan serta mendorong siswa mengembangkan minat dan bakat serta kreativitasnya. Setiap semester sekolah juga melakukan beberapa bentuk penilaian untuk melihat tujuan dan kemajuan peserta didik. Kegiatan ini juga dapat dijadikan asesmen untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di MTs NU Al Hidayah Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalah, Riza ZahriyalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Minat dan Bakat, Ekstrakurikuler Keagamaan, Siswa
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Dec 2024 07:10
Last Modified: 20 Dec 2024 07:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/12947

Actions (login required)

View Item View Item