EFEKTIFITAS PERMAINAN EDUKATIF DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DI RA NU IBTIDAUL FALAH DESA SAMIREJO TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Setiawan, Achmad (2009) EFEKTIFITAS PERMAINAN EDUKATIF DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DI RA NU IBTIDAUL FALAH DESA SAMIREJO TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (473kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (470kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (842kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (344kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (514kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (563kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)

Abstract

Latar belakang penyusunan skripsi ini adalah karena melihat pentingnya pendidikan anak usia dini sebagaimana telah diatur dalam UU No. 23 Tahun 2002 Pasal 9 Ayat 1 tentang Perlindungan Anak menyatakan bahwa “Setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan permainan edukatif dan hasil belajar PAI di RA NU Ibtidaul Falah, sekaligus mengukur sejauh mana efektifitas metode permainan edukatif dalam peningkatan hasil belajar PAI di RA NU Ibtidaul Falah Desa Samirejo. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat sebagai bahan rujukan teoritis bagi penulis untuk dapat memberikan sumbangan pemikiran kepada Ilmu Pendidikan Islam tetang metode dalam pendidikan agama Islam Jenis penelitian skripsi ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis. Wawancara dilakukan dengan kepala RA, guru, dan Tata Usaha di RA NU Ibtidaul Falah Desa Samirejo Dawe Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa satu pelaksanaan permainan edukatif dalam pembelajaran PAI di RA NU Ibtidaul Falah Desa Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016, meliputi: tahap pertama, yaitu pendahuluan, sebelum memasuki kelas guru dan murid berbasis untuk memberikan pertanyaan dan pengulangan. Tahap kedua, yaitu tahap inti, pada tahap ini anak dipersilahkan untuk belajar sambil bermain sesuai dengan minat masing-masing. Tahap ketiga, yaitu istirahat dan makan bersama. Tahap keempat, setelah memasuki beberapa kegiatan di akhir kegiatan belajar mengajar guru mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan dengan melintaskan beberapa pertanyaan pancingan, dua hasil dari permainan edukatif dalam pembelajaran PAI di RA NU Ibtidaul Falah Desa Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah dapat mengembangkan aspek motorik secara optimal dan dapat merangsang perkembangan otak anak. Dan penguasaan materi pendidikan agama Islam di RA Ibtidaul Falah Desa Samirejo Dawe Kudus meliputi pemahaman, hafalan, dan praktek keseharian anak. tiga permainan edukatif sangat efektif dalam peningkatan hasil belajar PAI di RA NU Ibtidaul Falah Desa Samirejo Tahun Pelajaran 2015/ 2016, karena eksistensi permainan edukatif dalam mengembangkan keberagamaan anak adalah berusaha memperkenalkan dan memberikan pengetahuan agama kepada anak walaupun masih dasar-dasarnya. Sehingga, anak mempunyai gambaran tentang agama sejak awal. Kata kunci: Permainan Edukatif, Peningkatan Hasil Belajar PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2017 01:57
Last Modified: 09 Jun 2017 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1311

Actions (login required)

View Item View Item