Hidayati, Putri Mulyani (2024) Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Disposisi Matematis Peserta Didik Madrasah Aliyah Kelas XI MA Manzilul Ulum Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (761kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (886kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (693kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (363kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (684kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas XI MA Manzilul Ulum ditinjau dari kemampuan disposisi matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan pendekatan yang digunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling agar subjek dipilih secara tepat berdasarkan identitas spesial subjek dan sesuai dengan kriteria penelitian. Metode pengumpulan yang digunakan meliputi: Angket, tes tertulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Dari hasil penelitian, peneliti mengambil 6 subjek dengan masing-masing 2 peserta didik pada kategori kemampuan disposisi matematis tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik pada kategori kemampuan disposisi matematis tinggi mampu menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi grafik, membuat persamaan matematika, menginterpretasikan jawaban dengan gambar tabel, dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan baik dan tepat. (2) Peserta didik pada kategori kemampuan disposisi matematis sedang mampu menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi grafik dengan tepat, membuat persamaan matematika, menginterpretasikan jawaban dengan gambar tabel, tetapi belum tepat dalam menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika. (3) Peserta didik pada kategori kemampuan disposisi matematis rendah belum mampu menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi grafik, membuat persamaan matematika dengan tepat, menginterpretasikan jawaban dengan gambar tabel, dan belum mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Representasi Matematis, Disposisi Matematis, Limit Fungsi Aljabar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 03 Jan 2025 08:56 | ||||||
Last Modified: | 03 Jan 2025 08:56 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13117 |
Actions (login required)
View Item |