Pengaruh Pengetahuan Produk, Undian Berhadiah, dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Sirkah Plus Umroh (Studi Kasus KSPPS Harapan Ummat Mandiri Kudus)

Aniyah, Noor Ainin (2024) Pengaruh Pengetahuan Produk, Undian Berhadiah, dan Nisbah Bagi Hasil Terhadap Keputusan Penggunaan Produk Sirkah Plus Umroh (Studi Kasus KSPPS Harapan Ummat Mandiri Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (699kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (543kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (679kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (839kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (423kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB)

Abstract

Semakin ketatnya persaingan antara perbankan dengan lembaga keuangan non bank lainnya dapat memberikan peluang bagi KSPPS untuk terus bertahan di sektor lembaga keuangan. Keberhasilan industri lembaga keuangan di masa depan sangat bergantung pada kemampuan lembaga tersebut dalam menghadirkan produk ke pasar yang lebih menarik, kompetitif, dan memberikan kemudahan berusahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, KSPPS terus melakukan inovasi pengembangan produk agar anggota tetap tertarik dengan produk yang dimiliki KSPPS. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah pengetahuan produk, undian berhadiah, dan nisbah bagi hasil terdapat pengaruh pada keputusan menggunakan produk simpanan Sirkah Plus Umroh di KSPPS Harapan Ummat Mandiri Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan jenis pendekatan penelitian kuantitatif mengacu terhadap pengujian teori-teori tertentu dengan analisis hubungan antara variabel-variabel yang terlibat. Variabel biasanya diukur menggunakan instrumen survei maka data numeric dapat dianalisis menggunakan metode statistic. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan penyebaran kuesioner. Dengan kuesioner, peneliti dapat mengerti secara pasti variabel yang perlu diukur dan apa yang diinginkan oleh responden. Sumber data lainnya diperoleh dari proses wawancara dengan HRD KSPPS Harapan Ummat Mandiri Kudus, dan diperoleh dari buku, jurnal, google books, artikel, dan data lainnya yang berkaitan dengan Pengetahuan Produk, Undian Berhadiah, dan Nisbah Bagi hasil secara tidak langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan produk yang dimiliki oleh anggota maka semakin besar pemahaman mengenai produk yang mempengaruhi anggota dalam memilih layanan dari koperasi syariah dan memanfaatkan produk-produk koperasi. Dengan program undian berhadiah yang di terapkan pada produk sirkah plus ini peluang untuk mendapatkan hadiah umroh sangat kecil karena hanya dipilih satu anggota yang beruntung, apabila di pilih beberapa anggota untuk mendapatkan hadiah umroh maka undian berhadiah sangat berpengaruh dalam keputusan anggota menggunakan produk sirkah plus. Selain itu, sistem bagi hasil memberikan keuntungan bagi anggota dan adanya kesetaraan hak antara anggota, KSPPS, penerima dana, tidak ada pihak yang merasa terbebani karena tanggung jawab dibagi secara adil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRidwan, RidwanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Produk, Undian Berhadiah, Nisbah Bagi Hasil, dan Keputusan Penggunaan
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam > Ekonomi Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Jan 2025 05:15
Last Modified: 06 Jan 2025 05:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13119

Actions (login required)

View Item View Item