Azmi, Sayida Nafisa (2024) Perbandingan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan Model Cooperative Script dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01.COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (597kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (861kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (804kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (772kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (507kB) |
|
Text
058.BAB V.pdf Download (404kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (695kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika memakai model pembelajaran pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), (2) Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika memakai model pembelajaran Cooperative Script, (3) Apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik menjadi lebih baik dengan diterapkannya model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dari pada model pembelajaran Cooperative Script. Jenis penelitian yang dipakai dalam studi ini ialah Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif memakai desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu peserta didik kelas VII MTs Raudlatut Tholibin tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 62 orang, yang terdiri atas kelas eksperimen I sejumlah 31 orang dan kelas eksperimen II sejumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen penelitian. Kemudian dilakukan analisis data secara statistik untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil studi ini mengindikasikan bahwa: (1) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika memakai model pembelajaran pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Hal ini dapat dilihat dari hasil bahwa t_hitung kurang dari t_tabel yaitu -16,339 < -1.69726, (2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika memakai model pembelajaran Cooperative Script. Hal ini dapat dilihat dari hasil bahwa t_hitung kurang dari t_(tabel ) yaitu -16,206 < -1.69726, (3) Kemampuan komunikasi matematis peserta didik menjadi lebih baik dengan diterapkannya model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dari pada model pembelajaran Cooperative Script..Hasil itu bisa dilihat dari t_ind lebih dari t_(α;n-1) yaitu 3,403 > 1,671 atau dengan tingkat signifikansi 0,01 < 0,05. Kemudian hal ini diperkuat dengan hasil skor rerata kemampuan komunikasi matematis pada model pembelajaran CIRC yaitu 81,68 dengan pembelajaran yang menggunakan Cooperative Script yaitu 78,84.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Integrated Reading and Composition, Cooperative Script, Komunikasi Matematis | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 07 Jan 2025 07:40 | ||||||
Last Modified: | 07 Jan 2025 07:40 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13124 |
Actions (login required)
View Item |