Pengaruh Minat Belajar dan Pengalaman Belajar Terhadap Keterampilan Metakognitif pada Peserta Didik Madrasah Aliyah dalam Pembelajaran Matematika

Silmi, Fara Aufa (2024) Pengaruh Minat Belajar dan Pengalaman Belajar Terhadap Keterampilan Metakognitif pada Peserta Didik Madrasah Aliyah dalam Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (565kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (893kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (882kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (453kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)

Abstract

Minat belajar dan pengalaman belajar yang positif dapat membantu perkembangan keterampilan metakognitif. Keterampilan ini melibatkan pemahaman diri sendiri tentang bagaimana cara terbaik untuk belajar, pemantauan terhadap pemahaman saat belajar, dan penyesuaian strategi belajar berdasarkan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap keterampilan metakognitif peserta didik, apakah terdapat pengaruh antara pengalaman belajar terhadap keterampilan metakognitif peserta didik, dan apakah terdapat pengaruh minat belajar dan pengalaman belajar terhadap keterampilan metakognitif peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan studi lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di MA Abadiyah dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI dan sampel sebanyak 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar, angket pengalaman belajar, dan soal tes keterampilan metakognitif. Uji statistik yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap keterampilan metakognitif dengan korelasi (r_xy= 0,901) menunjukkan adanya hubungan kuat dari variabel tersebut, serta sebesar 81,2% keterampilan metakognitif dipengaruhi oleh minat belajar, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman belajar terhadap keterampilan metakognitif dengan korelasi (r_xy= 0,869) menunjukkan adanya hubungan kuat dari variabel tersebut serta sebesar 75,5% keterampilan metakognitif dipengaruhi oleh pengalaman belajar, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara minat belajar dan pengalaman belajar terhadap keterampilan metakognitif dengan korelasi (r_(y,12)= 0,915) menunjukkan adanya hubungan kuat dari variabel tersebut, serta sebesar 83,8% keterampilan metakognitif dipengaruhi oleh minat belajar dan pengalaman belajar secara simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLestari, MulyaningrumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Pengalaman Belajar, Keterampilan Metakognitif
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:24
Last Modified: 08 Jan 2025 02:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13135

Actions (login required)

View Item View Item