Pengembangan E-Module Berpenampilan E-Magazine Berpendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Fariana, Lukki Dewi (2024) Pengembangan E-Module Berpenampilan E-Magazine Berpendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (662kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (883kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)

Abstract

Sering kali ditemui situasi di mana peserta didik kurang tertarik dan mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan karena kurangnya ketertarikan mereka terhadap mata pelajaran matematika. Akibatnya, kegiatan pembelajaran matematika menjadi kurang efektif. Oleh karena itu, pengembangan e-module matematika dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) yang memiliki tampilan seperti majalah dapat menjadi solusi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dengan memanfaatkan keberagaman bidang ilmu yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. menjabarkan tahapan pengembangan e-module 2. mendeskripsikan kelayakan e-module 3. menggambarkan kepraktisan e-module. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data meliputi wawancara, lembar validasi, dan angket di MTs NU Muallimat Kudus. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module ini memperoleh nilai sebesar 89% dan 85% dari ahli materi dan ahli media dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya, e-module ini memperoleh nilai sebesar 97% dan 90,79% pada uji coba skala kecil dan skala besar dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-module matematika dengan tampilan seperti majalah dan pendekatan STEAM pada materi sistem persamaan linear dua variabel layak dan praktis digunakan sebagai alternatif sumber belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalasari, Putri NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-Module Matematika, E-Magazine, STEAM, Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jan 2025 08:16
Last Modified: 09 Jan 2025 08:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13170

Actions (login required)

View Item View Item