Dzuliyanto, Dzuliyanto (2024) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menumbuhkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas VII MTs Al Fattah Singkut Kabupaten Sarolangun. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (427kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (268kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (735kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (161kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan tentang peran guru BK dalam menumbuhkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII di MTs Al Fattah Singkut, yang meliputi sebagai berikut: (1) Perencanaan peran guru BK dalam menumbuhkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII MTs Al Fattah Singkut, (2) Peran guru BK dalam menumbuhkan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII MTs Al Fattah Singkut, dan (3) Faktor pendukung dan penghambat peran guru BK dalam menumbuhkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII MTs Al Fattah Singkut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan pengujian keabsahan data melalui peningkatan ketekunan, triangulasi, pengadaan member check (validasi data), dan perpanjangan pengamatan. Kemudian dianalis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya: Pertama, Perencanaan peran guru BK dalam menumbuhkan kemampuan komunikasi interpersonal kelas VII MTs Al Fattah Singkut disusun berdasarkan visi dan misi BK MTs AL Fattah Singkut, yang dikembangkan menjadi beberapa tahap perencanaan meliputi; Penentuan karakteristik peserta didik, Penyusunan program, Identifikasi kebutuhan, Penyusunan rencana kegiatan (action plan), Rencana evaluasi, Pelaporan, dan tindak lanjut. Kedua, Peran guru BK dalam menumbuhkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII di MTs Al Fattah Singkut yaitu cukup baik dan kompleks dengan perannya sebagai; Penyelenggara dan penanggungjawab pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, Koordinator layanan bimbingan dan konseling, Pendidik, Pembimbing, Motivator, Konsultan, dan Pengembang karir peserta didik (konseli). Ketiga, Beberapa faktor pendukung peran guru BK dalam menumbuhkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII MTs Al Fattah Singkut, yaitu; Kompetensi dasar guru BK, Menjalin Komunikasi dengan baik, dan Dukungan dari pihak lain. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu; Profesionalisme guru BK, Keterbatasan dalam pelaksanaan kunjungan rumah (home Visit), Motivasi peserta didik yang rendah terhadap layanan BK, dan Fasilitas sarana dan prasarana yang kurang memadai. Sehingga beberapa faktor penghambat tersebut mengakibatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII MTs Al Fattah Singkut tidak tumbuh secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru BK, Komunikasi Interpersonal, Peserta Didik | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 02:44 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 02:44 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13182 |
Actions (login required)
View Item |