Latifah, Lutfi Ayu (2024) Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik di SMP IT Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02.ABSTRAK.pdf Download (656kB) |
|
Text
03.DAFTAR ISI.pdf Download (567kB) |
|
Text
04.BAB I.pdf Download (935kB) |
|
Text
05.BAB II.pdf Download (739kB) |
|
Text
06.BAB III.pdf Download (590kB) |
|
Text
07.BAB IV.pdf Download (854kB) |
|
Text
08.BAB V.pdf Download (571kB) |
|
Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (678kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukan kegiatan yang sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan karakter disiplin siswa agar menjadi lebih baik lagi. SMP IT Assa’idiyyah merupakan salah satu lembaga yang selalu berupaya meningkatkan karakter disiplin siswa-siswi melalui kegiatan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam impelementasi internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, obseravasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik di SMP IT Assa’idiyyah menggunakan beberapa metode diantaranya, pengajaran, peneladanan, pembiasaan, pemotivasian, dan penegakan aturan. Internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik sudah diterapkan di SMP IT Assa’idiyyah dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil implementasi internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik yang sudah berjalan secara efektif, yaitu banyaknya peserta didik yang mengikuti aturan sekolah dengan kata lain siswa lebih tertib, adanya kemajuan perubahan kedisipinan peserta didik, banyaknya siswa yang datang ke sekolah tepat waktu, banyaknya siswa yang mengikuti aturan sekolah yaitu memakai seragam sesuai dengan ketentuan dan juga mengikuti shalat dhuhur berjama’ah yang dilaksanakan setiap hari. Untuk faktor pendukung yang dialami SMP IT Assa’idiyyah dalam internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik yaitu kesadaran siswa itu sendiri, orang tua atau keluarga, guru dan lingkungan. Adapun faktor penghambatnya adalah peserta didik yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, banyaknya peserta didik yang menengah ke bawah, banyaknya peserta didik yang rumahnya lumayan cukup jauh, kurang kepedulian peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi nilai, Karakter, dan Disiplin | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 03:22 | ||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 03:22 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13187 |
Actions (login required)
View Item |