Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik di SMP IT Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024

Latifah, Lutfi Ayu (2024) Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik di SMP IT Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (656kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (567kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (935kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (739kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (590kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (854kB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (571kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukan kegiatan yang sengaja dilaksanakan untuk meningkatkan karakter disiplin siswa agar menjadi lebih baik lagi. SMP IT Assa’idiyyah merupakan salah satu lembaga yang selalu berupaya meningkatkan karakter disiplin siswa-siswi melalui kegiatan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam impelementasi internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara, obseravasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik di SMP IT Assa’idiyyah menggunakan beberapa metode diantaranya, pengajaran, peneladanan, pembiasaan, pemotivasian, dan penegakan aturan. Internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik sudah diterapkan di SMP IT Assa’idiyyah dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil implementasi internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik yang sudah berjalan secara efektif, yaitu banyaknya peserta didik yang mengikuti aturan sekolah dengan kata lain siswa lebih tertib, adanya kemajuan perubahan kedisipinan peserta didik, banyaknya siswa yang datang ke sekolah tepat waktu, banyaknya siswa yang mengikuti aturan sekolah yaitu memakai seragam sesuai dengan ketentuan dan juga mengikuti shalat dhuhur berjama’ah yang dilaksanakan setiap hari. Untuk faktor pendukung yang dialami SMP IT Assa’idiyyah dalam internalisasi nilai karakter disiplin peserta didik yaitu kesadaran siswa itu sendiri, orang tua atau keluarga, guru dan lingkungan. Adapun faktor penghambatnya adalah peserta didik yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, banyaknya peserta didik yang menengah ke bawah, banyaknya peserta didik yang rumahnya lumayan cukup jauh, kurang kepedulian peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhoeroni, FaridUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi nilai, Karakter, dan Disiplin
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:22
Last Modified: 10 Jan 2025 03:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13187

Actions (login required)

View Item View Item