Hidayat, Muhammad Danial (2024) Penguatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Berbasis Religious Culture Di MTs Negeri 1 Kudus. Masters thesis, IAIN Kudus.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (949kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (701kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (444kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (592kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (979kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (441kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (881kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (433kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (435kB) |
Abstract
Tesis ini dibuat dengan tujuan untuk: (1) Menganalisa adanya bentuk-bentuk proses penguatan nilai-nilai moderasi beragama berbasis religious culture pada peserta didik di MTs Negeri 1 Kudus. (2) Menganalisa bagaimana tantangan dalam proses penguatan nilai-nilai moderasi beragama berbasis religious culture pada peserta didik di MTs Negeri 1 Kudus. (3) Menganalisa implikasi penguatan nilai-nilai moderasi beragama berbasis religious culture pada peserta didik di MTs Negeri 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekat kualitatif dengan jenis penelitian field reseach. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di MTs Negeri 1 Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk-bentuk penguatan nilai-nilai moderasi beragama berbasis religious culture di MTs Negeri 1 Kudus yaitu tertanamnya nilai-nilai moderasi melalui kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di MTs Negeri 1 Kudus. Komitmen kebangsaan, Anti kekerasan, Penerimaan terhadap tradisi dengan, Tawassuth (tengah-tengah), I’tidal (tegak-lurus), Syura (musyawarah), Qudwah (kepeloporan), dan Muwathanah (kewargaan/cinta tanah air). (2) Tantangan yang dihadapi dalam penguatan nilai-nilai moderasi beragama berbasis religious culture di MTs Negeri 1 Kudus karena beberapa faktor sebagai berikut. Pertama, Problem pemahaman agama bahwa perkembangan jaringan media sosial dan internet yang luas, menjadikan perubahan pemikiran siswa MTs Negeri 1 Kudus, siswa memahami apa yang diperoleh dari internet dan memilih konten yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadis dan hukum negara Indonesia. Kedua, permasalahan terkait pergeseran otoritas keagamaan sebagaimana adanya realita harus disesuaikan dengan keilmuan yang diperoleh dari penjelasan guru. Ketiga, Pola pikir dan perilaku masyarakat pada era modern, bahwa dengan kemajuan zaman dan berkembangnya internet saat ini sebagian siswa menganggap itu menjadi tempat kedua mereka belajar mencari ilmu. (3) Implikasi penguatan nilai-nilai moderasi beragama berbasis religious culture di MTs Negeri 1 Kudus adalah dengan didukungnya pemahaman indikator-indikator dalam moderasi beragama kepada siswa dan adanya bermacam-macam tradisi keagamaan (religious culture) yang sudah berjalan di MTs Negeri 1 Kudus serta didukung dengan pengajaran yang sudah berjalan di madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai, Moderasi Beragama, Religious Culture | |||||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter | |||||||||
Divisions: | Pascasarjana > PAI | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
Date Deposited: | 10 Jan 2025 04:56 | |||||||||
Last Modified: | 10 Jan 2025 04:56 | |||||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13197 |
Actions (login required)
View Item |