Rosyidah, Silvia Nailatur (2023) Penerapan Kegiatan Mencetak Menggunakan Media Bahan Alam untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK Kelompok B di Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (555kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (353kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (546kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (371kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (269kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) |
Abstract
Kreativitas merupakan aspek penting yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Kemampuan kreativitas anak usia dini di sebuah TK di Kudus belum berkembang dengan maksimal. Pada waktu mencetak anak usia dini masih mencontoh, masih meminta bantuan guru, bahkan ada yang takut kotor. Selain itu, penggunaan media bahan alam kurang bervariasi dalam membuat bentuk. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui bagaimana penerapan kegiatan mencetak menggunakan media bahan alam untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Kelompok B di Kudus, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan mencetak menggunakan media bahan alam untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini di TK Kelompok B di Kudus. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif-analitis. Adapun subjek berjumlah 23 peserta didik terdiri dari 4 perempuan dan 19 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya pengujian keabsahan data yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reducation, display, dan conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi kegiatan mencetak menggunakan media bahan alam dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini, (2) ditemukan sejumlah faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kegiatan mencetak. Temuan faktor pendukung antara lain persediaan fasilitas sarana prasarana yang memadai, lingkungan yang kondusif, berpikir kritis dalam menemukan hal baru (inovasi), menggunakan metode praktik langsung, interaksi antara guru dengan peserta didik, daya tarik menggunakan media pembelajaran baru dan persediaan media bahan alam. Sementara temuan faktor penghambat antara lain tidak sabar menunggu giliran, takut kotor, tidak mau berbagi dengan teman, memahami suasana hati anak, dan memerlukan waktu yang lama. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak usia dini dikatakan berkembang apabila dilihat dari aspek kelancaran, keaslian, keuletan yang mengalami perkembangan. Penggunaan media bahan alam dalam kegiatan mencetak berpotensi mengembangkan kreativitas anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | mencetak, bahan alam, kreativitas | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 13 Jan 2025 02:34 | ||||||
Last Modified: | 13 Jan 2025 02:34 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13217 |
Actions (login required)
View Item |