Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan 3M (Melempar, Menangkap, dan Menendang) Bola Kelompok A TK Pertiwi Gegersimo Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang

Mu’asyaroh, Muhimmatul (2023) Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan 3M (Melempar, Menangkap, dan Menendang) Bola Kelompok A TK Pertiwi Gegersimo Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tentang perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui permainan 3m (melempar, menangkap, dan menendang) bola kelompok A TK Pertiwi Gegersimo. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keterbatasan media pembelajaran yang digunakan sehingga pembelajaran yang dilakukan menggunakan media seadanya yang seharusnya sesuai dengan indikator pencapaian motorik kasar adanya permainan melempar, menangkap, dan menendang bola. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subyek penelitian melibatkan 31 peserta didik dan 2 guru kelompok A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi di TK Pertiwi, wawancara dengan guru kelas, dan hasil dokumentasi berupa penilaian kemampuan anak dalam melakukan permainan melempar, menangkap, dan menendang bola. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar melalui permainan melempar, menangkap, dan menendang bola pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Gegersimo mengalami perkembangan, terlihat pada sejumlah 2 anak mulai berkembang dalam melakukan permainan melempar, menangkap, anak beberapa kali gagal dalam melakukan kegiatan menendang bola. Ada 17 anak mengalami peningkatan dalam melempar, menangkap, dan menendang bola. Ada 12 anak dapat melakukan permainan dengan baik sesuai dengan aturan yang dibuat dalam permainan melempar, menangkap, dan menendang bola. Problematika yang dialami guru dalam melakukan kegiatan melempar, menangkap, dan menendang bola yaitu anak merasa malu dan pasif, selain itu keterbatasan media yang digunakan dalam pembelajaran. Solusi yang diberikan oleh guru dengan melakukan pendekatan pada anak, pemberian apresiasi pada anak, membuat lingkungan belajar yang dapat menarik perhatian anak, dan juga penggunaan media seadanya yang digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, IhsanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Melempar, Menangkap, Menendang Bola, Motorik Kasar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Jan 2025 04:08
Last Modified: 13 Jan 2025 04:08
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13227

Actions (login required)

View Item View Item